11 Jenis Soto dari Indonesia

  • Kamis, 31 Agustus 2017 15:15 WIB

Soto Mie Bogor | Kompas.com - Muhammad Irzal Adiakurnia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan kuliner. Soto merupakan salah kuliner yang ada di Indonesia. Bicara soal soto, ada berapa jenis soto yang kamu coba? Apakah soto-soto yang ada di bawah ini pernah dicoba semua?

1. Soto Medan

Soto yang satu ini memakai kuah santan yang cukup kental. Selain kental, kuahnya juga kaya akan rempah. Soto medan bisa diisi daging sapi, daging ayam, atau udang. Selain tiga hal itu, penjual soto medan akan menambahkan perkedel kentang, emping, telur, dan tomat. Ada juga beberapa penjual yang menambahkan tauge dan bihun ke dalam sotonya.

2. Soto Padang

Soto padang menggunakan kaldu sapi sebagai kuahnya. Rasa kuahnya gurih dan asam, karena penjual soto padang suka menambahkan cuka atau jeruk peras ke dalamnya. Soto padang biasanya diisi dendeng sapi, bihun, dan perkedel kentang. Jika suka, kita bisa menambahkan sambal dan irisan daun bawang ke dalamnya.

3. Soto Betawi

Soto betawi memiliki kuah kental dan gurih. Aromanya juga enak, karena ada pala, cengkeh, dan kapulaga di dalam kuahnya. O iya, soto betawi memiliki isian yang cukup banyak! Ada tomat, kentang, emping, daging sapi, hati, dan beberapa jenis jeroan.

undefined
Soto Betawi I Kompas.com - Silvita Agmasari

4. Soto Mi

Sesuai dengan namanya, soto ini menggunakan mi kuning sebagai isian utamanya. Selain mi, penjual soto mi bogor akan menambahkan kol, risoles, babat, kikil, dan daging sebagai isiannya. Soto mi biasanya dihidangkan tanpa nasi.

5. Soto Bandung

Reporter : willa widiana
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Hantu Pencopet

3 hari yang lalu

Legenda Empat Musim

3 hari yang lalu

Alunan Gitar Misterius

2 hari yang lalu

Guling Pocong

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×