8 Olahan Ayam dari Indonesia

  • Kamis, 14 September 2017 18:25 WIB

Ayam Betutu | Creative Commons

Ayam adalah salah satu bahan makanan yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Bicara soal olahan ayam, Bobo jadi ingat dengan olahan ayam dari Indonesia yang beragam, nih.

Ada olahan apa saja kira-kira? Lalu, dari daerah mana olahan itu berasal? Langsung kita cari tahu saja, yuk!

Ayam Tangkap – Aceh

Ternyata, daerah yang dijuluki Serambi Mekkah ini punya olahan ayam bernama Ayam Tangkap. Sebenarnya, olahan ini mirip dengan ayam goreng, hanya saja ayam tersebut digoreng dengan rempah dan bumbu yang khas.

Ayam goreng tersebut disajikan dengan dedaunan yang sudah digoreng, mulai dari daun kari, daun pandan yang sudah dipotong-potong, dan daun salam koja. Dedaunan yang sudah digoreng itu berperan sebagai penambah rasa pada ayam. O iya, dedaunan yang sudah digoreng itu juga bisa dimakan, lo. Saat dimakan, tekstur dedaunan itu renyah, seperti kerupuk.

undefined
Ayam Tangkap | Creative Commons - Si Gam

Ayam Napinadar – Sumatera Utara

Dari Aceh, kita turun sedikit ke aras Sumatera Utara. Olahan ayam dari tanah suku Batak ini bernama Ayam Napinadar. Sekilas, olahan ayam ini mirip dengan ayam bakar pada umumnya, tapi bumbu yang digunakan sangat berbeda.

Untuk membuat ayam ini, kita harus menyiapkan andaliman (semacam merica khas batak), bawang putih halus, dan darah ayam yang kita sembelih. Darah ayam itu dicampur dengan andaliman dan bawang putih untuk dijadikan saus oles saat ayam dibakar. Biasanya, olahan ini hanya dihidangkan saat ada pesta ada tertentu.

Ayam Cincane – Kalimantan Timur

Dari Pulau Sumatera, sekarang kita berpindah ke Pulau Kalimantan bagian timur, tepatnya daerah Samarinda. Daerah ini punya olahan ayam bernama Ayam Cincane. Konon, olahan ayam dengan bumbu merah ini sering disajikan saat acara-acara besar, seperti acara pernikahan dan penyambutan tamu kehormatan. Tapi kamu jangan khawatir, sajian ini sudah bisa kamu temukan di beberapa kedai atau warung makan. Jadi, kamu bisa mencoba kuliner yang satu ini kapanpun kamu mau.

undefined
Ayam Cincane | sajiansedap.com

Reporter : willa widiana
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Misteri Sup Asparagus

3 hari yang lalu

Adikku Manis

3 hari yang lalu

Gara-Gara Cincin Kawin

2 hari yang lalu

Misteri Surat Perpisahan

1 hari yang lalu

Eiffel yang Hilang

2 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×