Jarang Berolahraga Ternyata Bisa Menimbulkan Berbagai Efek untuk Tubuh, Apa saja, ya?

By Tyas Wening, Senin, 12 Agustus 2019 | 13:37 WIB
Ilustrasi anak yang kelelahan (MaxPixel's contributors)

Bobo.id - Melakukan olahraga secara rutin baik untuk kesehatan tubuh, lo. Dengan berolahraga,  seluruh tubuh kita akan bergerak dan membuat tubuh lebih sehat.

Selain itu, berolahraga juga bisa membuat kita lebih fokus karena otak bagian hippocampus, yang terkait dengan pembelajaran dan memori akan bekerja lebih maksimal karena adanya perbaikan jalur saraf.

Rutin berolahraga juga bisa membuat suasana hati kita lebih baik, lo.

Ini karena adanya berbagai hormon, seperti adrenalin, serotonin, dopamin, dan endorfin dihasilkan saat berolahraga, yang membuat kita merasa lebih bahagia, positif, dan enerjik.

Tahukah teman-teman? Hal sebaliknya, yaitu jarang berolahraga akan menimbulkan berbagai gejala yang membuat tubuh tidak nyaman, lo.

Baca Juga: Suka Makan Apel dengan Kulitnya? Ada Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Dapatkan, lo!

1. Tubuh Selalu Lelah

Bagi teman-teman yang tidak biasa berolahraga, maka aktivitas ini akan menyebabkan kita merasa lelah.

Namun kalau kita tidak pernah olahraga, tubuh kita juga akan merasa mudah lelah, lo, teman-teman.

Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh University of Georgia. Penelitian ini menunjukkan bahwa olahraga ringan yang dilakukan secara rutin bisa meningkatkan energi.

Sebaliknya, jarang berolahraga justru bisa membuat tubuh lelah. Saat kita berolahraga secara teratur, akan membuat mitokondria, yaitu bagian yang memproduksi energi dalam sel akan semakin banyak.