Benarkah Golongan Darah Tertentu Lebih Berisiko Mengalami Penyakit Jantung?

By Avisena Ashari, Kamis, 20 Februari 2020 | 12:00 WIB
Ilustrasi sel darah. (Pixabay)

Bobo.id – Menurut ilmuwan, golongan darah sudah ada sejak 20 juta tahun yang lalu, teman-teman. Namun, perbedaan golongan darah sendiri baru diketahui sekitar abad ke-20.

Mengetahui golongan darah penting bagi kita, sebabnya jika kita membutuhkan donor darah, darah itu harus berupa darah yang sama dengan golongan darah kita.

Jika tubuh menerima jenis darah yang berbeda dari golongan darahnya, maka antibodi di tubuh bisa menyerang antigen di dalam darah dan menyebabkan darah mengental. Akibatnya sistem peredaran darah bisa terganggu.

O iya, selain penting untuk donor darah, ada pendapat yang menyebutkan bahwa golongan darah memengaruhi risiko sesorang mengalami penyakit jantung dan peredaran darah (kardiovaskular).

Kira-kira benar begitu tidak, ya?

Baca Juga: Agar Kadar Gula Darah Terjaga, Lakukan 7 Kebiasaan Mudah Ini, yuk!

Hubungan Golongan Darah dan Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung berhubungan juga dengan sirkulasi darah di tubuh, teman-teman. Ini karena jantung merupakan organ yang bertanggung jawab dalam sistem peredaran darah di tubuh.

Karena setiap golongan darah memiliki antigen yang berbeda, penelitipun mencari tahu apakah golongan darah memengaruhi risiko penyakit jantung dan peredaran darah.

Tahun 2012, sebuah penelitian yang dilakuan selama 20 tahun pada 62.000 perempuan dewasa dan 27.000 laki-laki dewasa, mengungkapkan bahwa golongan darah O memiliki risiko lebih rendah mengalami penyakit jantung dan peredaran darah, dibandingkan golongan darah lainnya.