Jangan Sampai Jadi Kebiasaan, Ini Akibatnya Jika Sering Menahan Pipis! Bisa Berbahaya bagi Kandung Kemih Hingga Ginjal

By Avisena Ashari, Jumat, 5 Juni 2020 | 20:00 WIB
Ilustrasi menggunakan toilet (Designed by jcomp / Freepik)

Bobo.id - Kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari memengaruhi kondisi kesehatan tubuh, lo. Apalagi bila kebiasaan itu dilakukan dalam waktu yang lama.

Tidak semua kebiasaan berdampak baik bagi tubuh, banyak juga kebiasaan yang tanpa disadari bisa berakibat buruk bagi tubuh jika terus dilakukan.

Salah satu kebiasaan buruk yang harus dihindari adalah terlalu sering menahan pipis. Apa teman-teman sering menahan pipis?

Tahukah kamu? Sering menahan pipis bisa berbahaya bagi beberapa organ tubuh, salah satunya ginjal.

Meski tubuh kita bisa mengendalikan diri untuk menahan pipis, bukan berarti kita boleh terus sengaja menahan pipis dalam waktu lama. Ayo, cari tahu apa yang terjadi jika keseringan menahan pipis.

Kemampuan Tubuh Menahan Pipis

Salah satu hal yang sebaiknya kita hindari adalah keseringan menahan pipis, teman-teman.

Di dalam tubuh orang dewasa, kandung kemih bisa menyimpan sekitar setengah liter atau dua cangkir cairan sebelum mengeluarkannya.

Tubuh kita tahu berapa banyak cairan yang ada di dalam kandung kemih dan mengirimkan sinyal ke otak kalau sudah kepenuhan.

Tapi, kita bisa mengendalikan ini, teman-teman. Saat merasa kebelet pipis, kita bisa langsung mengeluarkannya dengan pergi ke toilet, atau menahannya.

Baca Juga: Sering Sulit Buang Air Besar? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya, Salah Satunya Kurang Bergerak Aktif