Dongeng Anak: Le dan Dewa Guntur #MendongenguntukCerdas

By Sarah Nafisah, Selasa, 15 September 2020 | 18:00 WIB
Ilustrasi Dewa Guntur (vectorstock.com/Vijaykrishnan)

 

Bobo.id - Teman-teman sudah tahu manfaat mendongeng, kan? Mendongeng bisa membuat kita menjadi cerdas.

Nah, hari ini ada dongeng anak yang berjudul Le dan Dewa Guntur.

Jangan lupa untuk membaca dongeng atau minta orang tuamu untuk mendongeng untukmu, ya!

-----------------------------

Baca Juga: Dongeng Anak: Jira yang Nakal #MendongenguntukCerdas

Le Yun Hao dan Hsia Ping Tzu adalah dua anak laki-laki yang tinggal di desa yang sama. Mereka tumbuh besar, belajar membaca dengan guru yang sama, dan berteman sangat akrab.

Hsia sangat pintar, dan selalu juara sejak usia 10 tahun. Le tidak merasa iri. Ia justru bangga pada temannya itu. Hsia dengan senang hati membantu teman Le belajar sehingga Le juga maju pesat. Hal ini membuat Hsia terkenal di desanya. Sayangnya Hsia tidak sempat ikut ujian negara karena ia jatuh sakit dan meninggal dunia.

Keluarga Hsia sangat miskin dan tak mampu membayar pemakaman. Le membayar semua biaya itu. Ia juga membiayai kehidupan istri dan anak-anak Hsia. Istri Hsia sangat percaya pada Le. Nama Le juga harum di desa itu, walau ia tidak berhasil dengan pelajaran sekolahnya.

"Menyebalkan!" teriak Le kesal karena tidak lulus ujian. “Orang cerdas seperti Hsia saja gagal, apalagi aku! Sampai matipun aku tak akan menjadi sarjana.  Aku harus mencoba hal lain!”

Jadi Le berhenti sekolah dan mulai berdagang. Enam bulan kemudian ia memiliki sedikit uang. Suatu hari, ketika ia sedang beristirahat di sebuah penginapan di Nanking, ia melihat seorang pria bertubuh besar masuk ke penginapan. Pria itu duduk sendirian di dekat Le, dan wajahnya sangat muram.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjalanankan Pola Hidup Sehat? Ini Panduannya Menurut Pedoman Gizi Seimbang