Buah-Buahan dengan Kadar Gula Rendah, Cocok Jika Sedang Ingin Mengurangi Konsumsi Gula

By Iveta Rahmalia, Jumat, 18 September 2020 | 17:00 WIB
Gula pasir (MaxPixel's contributors)

Bobo.id - Tahukah teman-teman? Gula yang terkandung dalam makanan dan minuman akan diolah menjadi glukosa ketika sudah masuk ke perut. Glukosa ini lalu diproses oleh tubuh menjadi sumber energi.

Bersumber dari Hellosehat.com, gula bisa didapat dari dua sumber, yaitu pemanis yang ditambahkan sendiri dan gula dari korbohidrat yang terkandung dalam makanan. 

Contohnya dari nasi, gandum, singkong, roti, hingga buah-buahan dan sayuran.

Batas Konsumsi Gula per Hari

Meski gula bisa menjadi sumber energi bagi tubuh, kita juga tetap harus membatasi jumlah kandungan gula yang masuk ke dalam tubuh, teman-teman. 

Batas konsumsi gula yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia per orang dalam satu hari adalah 50 gram gula.

Namun, WHO merekomendasikan kita untuk membatasi asupan kadar gula tidak lebih dari 26 gram gula (sekitar 6 sendok teh) per hari.

Sebab, kelebihan gula juga bisa membahayakan tubuh kita. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh kelebihan gula dalam tubuh adalah diabetes.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kita bisa mendapatkan gula dari karbohidrat yang terkandung di dalam makanan, termasuk buah-buahan. 

Nah, jika teman-teman sudah merasa kelebihan gula, tapi tetap ingin makan buah. Sebaiknya perhatikan juga kandungan gula yang ada di dalam buah, ya. 

Berikut ini adalah buah-buahan dengan kadar gula yang rendah: 

Baca Juga: Kacang Tanah Sering jadi Camilan, Ternyata Manfaatnya Baik untuk Gula Darah dan Jantung