Bisa Bikin Gula Darah Naik, Inilah 3 Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

By Sarah Nafisah, Rabu, 7 Oktober 2020 | 08:00 WIB
Ilustrasi diabetes (pixabay/Steve Buissinne)

Bobo.id - Diabetes adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Tak hanya orang dewasa, anak-anak seperti kita pun memiliki risiko mengalami diabetes.

Diabetes sering juga disebut sebagai penyakit gula atau kencing manis. Hal ini karena gejala yang sering muncul adalah tingginya kadar gula darah di dalam tubuh.

Orang yang mengidap diabetes biasanya akan sangat dibatasi asupan makananannya. Hal itu untuk menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh.

Banyak sekali makanan dan minuman yang tidak boleh dimakan, terutama makanan manis.

Buah termasuk salah satu makanan yang memiliki rasa manis yang alami. Apakah buah boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes?

Baca Juga: Baik untuk Penderita Diabetes, 3 Makanan Ini Bisa Bantu Turunkan Gula Darah

Buah yang Sebaiknya Dihindari Penderita Diabetes

Dilansir dari thehealthsite.com, beberapa jenis buah memiliki kandungan gula yang tinggi, sehingga bisa menaikkan kadar gula darah untuk penderita diabetes.

Buah-buahan itu sebenarnya masih boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes, asalkan dalam porsi yang wajar.

Buah-buahan memang baik untuk kesehatan karena memiliki kandungan vitamin, mineral dan antioksidan.

Namun asupannya harus diperhatikan agar tidak menimbulkan berbagai masalah kesehatan, tentunya untuk penderita diabetes.

Berikut ini adalah berbagai jenis buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes karena bisa berpotensi menaikkan kadar gula darah.