Jangan Lagi Pilih Kerang dengan 7 Ciri Ini, Sudah Tak Layak Konsumsi dan Bisa Berbahaya untuk Tubuh

By Iveta Rahmalia, Rabu, 8 September 2021 | 18:45 WIB
Waspada kerang yang sudah tidak segar lagi. Sebaiknya kita kenali ciri-ciri kerang yang sudah tidak layak dikonsumsi. (Pixabay)

Bobo.id - Memilih kerang untuk diolah harus teliti, teman-teman. Jangan sampai kerang yang kita pilih sudah tidak layak dikonsumsi. Kerang memang kayak akan nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Namun, kalau kerang yang diolah tidak segar, malah bisa menimbulkan dampak buruk dan penyakit untuk tubuh. Kita dapat mengenali kerang yang sudah tidak segar melalui beberapa ciri. Berikut ini adalah ciri-cirinya: 1. Cangkang Kerang Sudah TerbukaBersumber dari Kompas.com, cangkang yang masih tertutup adalah tanda bahwa kerang itu masih segar.Karena itu, hindari memilih kerang yang cangkangnya sudah terbuka, ya.

Baca Juga: Tak Perlu Susah-Susah Lagi, Ini 4 Tips Membuka Cangkang Kerang, Salah Satunya Gunakan Oven2. Bau Amis dan MenyengatHindari memilih kerang yang baunya menyengat atau bau amis. Bisa jadi, kerang itu sudah tidak segar lagi. Sebaiknya pilihlah kerang yang aromanya masih segar seperti laut. 3. Warna Kerang yang MencolokJika kerang dijual tanpa cangkang, hindari memilih daging kerang yang berwarna mencolok. Warna kerang yang mencolok dikhawatirkan telah diolah dengan zat pewarna. Pilihlah kerang kupas yang berwarna cokelat kemerahan.