Penjelasan Lengkap Apa Itu Hipotermia, Bisa Menyerang Tubuh saat Suhu Dingin

By Thea Arnaiz, Kamis, 23 September 2021 | 15:15 WIB
Ketahui hipotermia yang bisa membahayakan kondisi tubuh. (Foto oleh mohamed abdelghaffar dari Pexels)

 

 Bobo.id - Tahukah teman-teman apa itu hipotermia?

Hipotermia adalah keadaan medis yang darurat karena tubuh kehilangan suhu panas lebih cepat daripada menghasilkan panas.

Akibatnya, suhu tubuh kita menjadi lebih rendah. Hal ini tentunya berbahaya karena suhu normal manusia adalah sekitar 36-37,5 derajat celcius.

Sedangkan, hipotermia membuat suhu tubuh kita di bawah 35 derajat celcius. Kondisi hipotermia berbahaya bagi manusia karena bisa memengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir jernih dan bisa menyebabkan kematian.

Baca Juga: 6 Khasiat Rumput Laut, Bisa Bantu Lindungi Jantung hingga Perlambat Pertumbuhan Sel Kanker

Penyebab

Penyebab hipotermia adalah saat tubuh kita terkena suhu dingin dan menyebabkan tubuh kehilangan panas hingga 90 persen melalui permukaan kulit dan napas.

Jika suhu dingin ini diakibatkan oleh air, maka panas tubuh hilang lebih cepat lagi.

Nah, saat tubuh mengalami penurunan suhu, bagian otak yang dinamakan hipotalamus yang berfungsi untuk mengendalikan suhu tubuh akan bekerja untuk menghasilkan panas kembali.

Contohnya, saat terkena paparan dingin, tubuh akan menggigil. Hal tersebut adalah respons tubuh untuk menghasilkan panas melalui aktivitas otot.

Hal lain yang dilakukan tubuh untuk mempertahankan panas adalah vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah secara sementara.

Biasanya sebagian besar panas dalam tubuh dihasilkan oleh aktivitas jantung dan hati.

Namun, saat inti tubuh mendingin, organ-organ ini menghasilkan jumlah panas yang lebih sedikit.