Apa Itu Kebugaran Jasmani? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Tubuh

By Sarah Nafisah, Selasa, 5 Oktober 2021 | 11:45 WIB
Pengertian dan manfaat kebugaran jasmani untuk tubuh. (Photo by Jonathan Borba from Pexels)

Bobo.id - Apakah teman-teman tahu apa itu kebugaran jasmani? Kita sering kali mendengarnya dalam pelajaran olahraga.

Teman-teman tentu ingin memiliki tubuh yang sehat dan terbebas dari penyakit. Kalau iya, kita harus memerhatikan pola hidup sehat yang kita terapkan selama ini.

Salah satu caranya adalah dengan selalu memerhatikan dan menjaga kebugaran jasmani. Jadi, sebenarnya apa pengertian kebugaran jasmani?

Simak penjelasannya berikut ini, ya!

Baca Juga: Hanya Rutin Berjalan Kaki 30 Menit Sehari, 7 Manfaat Tak Terduga Ini Bisa Dialami Tubuhmu

Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani sebenarnya adalah kemampuan yang dimiliki seseorang agar dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan lebih ringan dan mudah.

Melansir dari Kompas.com yang mengutip dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan dan kesanggupan tubuh untuk melakukan penyesuaian terhadap beban fisik yang diberikan kepadanya namun tidak menyebabkan kelelahan yang berlebihan.

Dari pengertian kebugaran jasmani ini, bisa disimpulkan kalau kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk tetap bisa menghadapi beban fisik yang didapatkan, tanpa merasa kelelahan.

Nah, kalau seseorang memiliki kebugaran jasmani yang baik, maka ia bisa melakukan aktivitas hariannya dengan bertenaga dan lebih baik.