Kenapa Sagu Dijadikan Makanan Pokok di Indonesia Bagian Timur?

By Niken Bestari, Selasa, 15 Februari 2022 | 17:30 WIB
Papeda, salah satu olahan sagu (Gunawan Kartapranata/Wikimedia Commons)

Bobo.id - Teman-teman pasti sudah mengenal bahwa nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Namun, selain beras, banyak juga tanaman yang bisa menjadi makanan pokok, lo.

Contohnya adalah singkong, jagung, kentang, dan ubi jalar. Semua tanaman itu bisa tumbuh sangat subur di tanah Indonesia.

Selain itu, ada tanaman lain yang dijadikan sumber makanan pokok oleh saudara kita dari Indonesia bagian timur yang bernama sagu, teman-teman.

Yuk, cari tahu mengenai sagu dan alasan mengapa sagu dijadikan makanan pokok masyarakat Indonesia timur!

Sagu Mudah Ditemukan

Sudah sejak lama, sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di sebagian besar wilayah Indonesia Timur, khususnya Maluku dan Papua. 

Sebagai makanan pokok, sagu banyak tumbuh di hutan atau lingkungan sekitar tempat mereka hidup. Ada yang tumbuh liar, tapi ada pula yang memang sengaja ditanam.

Sagu dihasilkan dari pohon rumbia atau olahan batang pohon sagu (Metroxylon sagu Rottb). Biasanya tumbuhan pangan ini hidup di sekitar tepian sungai atau wilayah dengan kadar air cukup tinggi seperti rawa.

Pohon sagu dapat tumbuh hingga mencapai 30 meter. Dari satu pohon saja, dapat menghasilkan 150-300 kilogram bahan baku tepung sagu.

Baca Juga: Ternyata Bisa Bantu Menjaga Gula Darah, Ini 4 Khasiat Sagu untuk Kesehatan

Mengolah Sagu adalah Bagian dari Budaya

Bagi masyarakat Indonesia Timur, sagu merupakan makanan pokok yang sangat mudah diolah dan ditemukan.