9 Cara Mengatasi Cegukan Saat Puasa, Salah Satunya Menahan Napas

By Thea Arnaiz, Rabu, 13 April 2022 | 17:30 WIB
Cara mengatasi cegukan saat puasa agar cepat mereda. (Foto oleh SHVETS production dari Pexels)

Bobo.id - Cara mengatasi cegukan saat puasa, dapat teman-teman coba di rumah. Kalau biasanya kita minum air untuk meredakan cegukan, tapi karena sedang puasa.

Cara lain juga dapat kita gunakan untuk membuat otot diafragma rileks kembali, kok. Lalu, apa saja cara-cara itu? Untuk mengetahuinya, simak tipsnya berikut ini, yuk! 

Cara Mengatasi Cegukan saat Puasa 

1. Menahan Napas 

Cara pertama yang dapat teman-teman coba adalah dengan menahan napas. Jika cegukan mulai terasa, cobalah menahan napas beberapa kali hingga mereda.

Caranya, tariklah napas dan lepaskan secara perlahan. Lakukanlah setidaknya tiga sampai empat kali. Kalau belum reda, ulangilah setiap 20 menit sekali hingga cegukan mereda. 

2. Bernapas Melalui Kantong Kertas 

Cara lainnya adalah dengan menggunakan kantong kertas. Jika di rumah teman-teman ada kantung kertas, manfaatkanlah untuk meredakan cegukan yang sedang dialami.

Caranya, dekatkanlah kantung kertas agar menutupi area hidung dan mulut. Lalu, tariklah napas serta tahan beberapa saat.

Baca Juga: Apa Manfaat Puasa untuk Kesehatan? Ini Penjelasan Secara Medis

Selanjutnya, embuskan napas secara perlahan di dalam kantung kertas. Lakukanlah beberapa kali hingga cegukan mereda dan otot diafragma rileks kembali. 

3. Menekan Hidung dan Menelan