Mudik Lebaran Bisa Sebabkan Macet pada Beberapa Titik di Pulau Jawa dan Sumatra, Mana Saja?

By Grace Eirin, Rabu, 27 April 2022 | 13:30 WIB
Akibat arus mudik, beberapa titik di Pulau Jawa dan Sumatra mengalami kemacetan. (Adrian Pranata/Unsplash)

Bobo.id - Teman-teman, apakah kamu sudah mulai melakukan perjalanan mudik?

Tahun 2022 ini, masyarakat Indonesia telah diperbolehkan untuk melakukan mudik lebaran setelah dua tahun tidak ada mudik karena pandemi COVID-19. 

Nah, bagi teman-teman yang sedang merencanakan berangkat mudik pada hari ini atau beberapa hari ke depan, kamu perlu mengetahui beberapa titik macet di berbagai daerah.

Dilansir dari Kompas.com, berikut ini sejumlah titik yang perlu diwaspadai lantaran berpotensi menimbulkan kemacetan baik di jalur lalu lintas Jawa maupun Sumatra. 

Titik Macet Pulau Jawa

1. Wilayah Banten

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi menyampaikan adanya sejumlah titik rawan kemacetan di wilayah Banten.

Adapun titik rawan kemacetan untuk Banten antara lain berada di pasar, exit/entry Tol Bitung, exit/entry Tol Balaraja Barat, Pertigaan Asem, Pertigaan Cilegon, Modern Cikande.

Kemudian juga di Terminal Pakupatan, Simpang Kebon Jahe, Alun-alun Kramat Watu, Pelabuhan Merak, Pertigaan Labuan, Lampu Merah Malang Nengah, Simpang Malimping, dan Terminal Bayah.

Baca Juga: Meskipun Berpuasa, Lakukan Tips Mudik Ini agar Tetap Sehat Selama Perjalanan

2. Jawa Barat

Perkiraan kemacetan Jawa Barat antara lain di Pasar Sandang Tegal Gubuk, Pasar Darurat Pasalaran, Pasar Mundu, Pasar Gebang, Pasar Kue Weru, dan Pasar Minggu Palimanan.