Apa Benar Kekurangan Vitamin D Ternyata Bisa Sebabkan Tulang Jadi Lunak? #AkuBacaAkuTahu

By Grace Eirin, Rabu, 22 Juni 2022 | 18:00 WIB
Seseorang yang kekurangan vitamin D, kalsium, atau fosfor, maka tulangnya bisa melunak, dikenal dengan istilah Osteomalacia. (Tima Miroshnichenko/pexels)

Bobo.id - Teman-teman pasti tahu bahwa kita membutuhkan vitamin D, kalsium, atau fosfor untuk kesehatan tulang. Artinya kita tidak boleh sampai kekurangan vitamin D. 

Apa yang terjadi jika seseorang kekurangan vitamin D? Dilansir dari Alodokter.com, seseorang yang kekurangan vitamin D beserta kalsium dan fosfor akan mengalami Osteomalacia. 

Apa itu Osteomalacia?

Osteomalacia adalah kondisi ketika tulang menjadi lunak. Kondisi ini terjadi akibat kekurangan vitamin D, kalsium, atau fosfor. 

Biasanya, osteomalacia terjadi pada orang dewasa yang tulangnya sudah tidak berkembang. 

Osteomalacia berbeda dengan rakitis, sebab rakitis terjadi pada anak-anak yang struktur tulangnya masih mengalami proses pertumbuhan.

Vitamin D membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang. Artinya, jika seseorang kekurangan vitamin D maka akan mengganggu proses penyerapan kalsium. 

Selain kekurangan vitamin D, osteomalacia bisa terjadi karena kurangnya paparan sinar matahari, obesitas, penyakit hati, atau riwayat tindakan medis. 

Gejala Osteomalacia

Baca Juga: Baru Tahu, Ternyata Gigi Kita Telah Terbentuk Sejak Masih di dalam Kandungan #AkuBacaAkuTahu

Seseorang yang mengalami osteomalacia, akan mengalami beberapa gejala seperti berikut ini. 

- Patah tulang tanpa adanya cedera