Baru Tahu, Ternyata Dulu Badminton Dimainkan Menggunakan Kaki! Ini Faktanya

By Grace Eirin, Senin, 4 Juli 2022 | 19:30 WIB
Badminton atau olahraga bulu tangkis ternyata pada awalnya dimainkan dengan menggunakan kaki. (Pexels/Vladislav Vasnetsov)

Bobo.id - Teman-teman, tahukah kamu bahwa ganda putri Indonesia Kak Apriyani Rahayu dan Kak Siti Fadia Silva Ramadhanti keluar sebagai juara Malaysia Open 2022, lo. 

Kita patut berbangga karena Indonesia merupakan salah satu negara yang punya anak-anak bangsa berprestasi dalam olahraga bulu tangkis atau badminton. 

Namun, pernahkah kamu mencari tahu tentang olahraga yang satu ini? Jika belum, cari tahu fakta-fakta menariknya berikut ini, yuk!

Dulu Dimainkan dengan Kaki

Sekarang, kita memainkan olahraga badminton menggunakan raket. Namun, awalnya badminton merupakan permainan bernama Ti Zian Ji awalnya dimainkan oleh orang Tiongkok.

Dalam olahraga ini, para pemain menggunakan kaki mereka sebagai pengganti raket. Mereka menendang shuttlecock, satu sama lain.

Dahulu, ada juga yang menyebut badminton dengan nama battledore, yakni menepak bola ke depan maupun belakang selama mungkin.

Permainan battledore sudah dimainkan selama ribuan tahun lalu di India, Tiongkok, Jepang, Thailand, hingga Yunani. 

Badminton menjadi semakin populer sejak seorang Inggris, Duke of Beaufort menggelar permainan tersebut dengan 11 anaknya. Kemudian, Duke of Beaufort juga membuat istana Badminton House, Gloucestershire, Inggris.

Baca Juga: Agar Tak Cepat Lelah, Lakukan 5 Tips Ini saat Berolahraga, Salah Satunya Minum Air Putih

Ada Pertandingan Hanya 6 Menit

Masuk ke dalam sejarah, pertandingan bulu tangkis terpendek yang pernah tercatat adalah di Piala Uber 1996 di Hong Kong, yang berlangsung selama enam menit saja.