Pembahasan Soal Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat antara Indonesia dan Malaysia

By Niken Bestari, Rabu, 30 November 2022 | 08:45 WIB
Bagaimana kasus sengketa Ambalat antara Indonesia dan Malaysia? Berikut ini adalah jawaban soal Uji Pemahaman PPKn kelas 11 halaman 160. (Freepik)

Bobo.id - Tahukah teman-teman mengenai sengketa batas wilayah blok Ambalat antara Indonesia dan Malaysia?

Sengketa batas wilayah blok Ambalat antara Indonesia dan Malaysia adalah salah satu bentuk masalah batas wilayah yang berhubungan dengan kedaulatan negara.

Perbatasan wilayah Indonesia dengan negara-negara lain seringkali menimbulkan kesalahpahaman yang berakhir dengan konflik, meski pada akhirnya selalu dapat diselesaikan dengan cara damai.

Karena itu, batas wilayah negara telah diatur berdasarkan regulasi Undang-Undang Dasar Tahun 1945, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 76 Tahun 2012 tentang Pedoman Penegasan Batas Daerah.

Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menurut Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2008 adalah salah satu unsur negara yang merupakan satu kesatuan wilayah daratan, perairan pedalaman, perairan kepulauan dan laut teritorial beserta dasar laut dan tanah di bawahnya, serta ruang udara di atasnya, termasuk seluruh sumber kekayaan yang terkandung di dalamnya.

Dikenal sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki sekitar 17.500 pulau dengan luas dua pertiga wilayahnya adalah lautan. Dari pulau-pulau itu, banyak pulau terluar yang wilayahnya berbatasan langsung dengan negara tetangga, salah satunya Malaysia.

Karena itulah, sengketa batas wilayah sering terjadi, terutama yang paling intensif antara Indonesia dan Malaysia. Salah satunya adalah sengketa blok Ambalat antara Indonesia dan Malaysia yang akan kita pelajari pada materi PPKn materi NKRI.

Nah, untuk membantu teman-teman memahami sengketa blok Ambalat, simak contoh soal dan pembahasan Uji Pemahaman berdasarkan buku pelajaran PPKn Kelas 11 kurikulum Merdeka halaman 160 berikut ini.

Contoh Soal dan Pembahasan Uji Pemahaman Sengketa Blok Ambalat

a. Bagaimana sejarah munculnya sengketa batas wilayah Blok Ambalat antara Indonesia dan Malaysia?

Jawaban: Sengketa blok Ambalat terjadi sejak tahun 1969. Tanggal 27 Oktober 1969, Indonesia dan Malaysia menandatangani Perjanjian Tapal Batas Landas Kontinen.

Baca Juga: Pengertian Bela Negara Menurut Ahli dan Contohnya, Materi PPKn