Perbandingan, Tugas, dan Fungsi Bank Sentral, Bank Umum, serta BPR

By Niken Bestari, Selasa, 7 Februari 2023 | 20:00 WIB
Apa perbedaan bank sentral, bank umum, dan BPR? Kita simak perbandingan serta tugas dan fungsinya berikut ini, yuk! ()

Bobo.id - Saat mempelajari PPKn di kelas 10, kita tidak hanya belajar sistem kenegaraan dan politik, melainkan juga bidang ekonomi seperti perbankan.

Kita harus paham mengenai perbandingan serta tugas dan fungsi bank sentral, bank umum, dan BPR.

Memahami perbandingan serta tugas dan fungsi jenis-jenis bank membantu kita memahami sistem perekonomian di Indonesia yang bermanfaat untuk kehidupan kelak.

Yuk, kita melakukan analisis terhadap bank sentral, bank umum, dan BPR berikut ini.

Simak baik-baik dan jadikan artikel ini sebagai bahan diskusi bersama teman-teman yang lain, ya!

Perbandingan Antara Bank Sentral, Bank Umum, dan BPR

a. Bank Sentral

Menurut Gramedia.com, bank sentral secara umum yang memiliki pengertian sebuah instansi yang memiliki banyak tanggung jawab atas kebijakan moneter (keuangan) sebuah negara.

Bank sentral memiliki peran dan wewenang dalam menjaga stabilitas harga maupun nilai mata uang yang telah berlaku pada negara tersebut, yang banyak dikenal dengan istilah inflasi.

Bank sentral wajib menjaga agar tingkat inflasi terkendali serta selalu dalam nilai serendah mungkin maupun pada posisi optimal untuk perekonomian, dengan bentuk mengontrol keseimbangan pada jumlah barang serta uang.

Di Indonesia, bank sentralnya adalah Bank Indonesia yang merupakan sebuag lembaga negara independen dan bebas dari urusan Pemerintah maupun pihak lain.

Baca Juga: 4 Contoh Manfaat Lembaga Keuangan bagi Masyarakat, Materi IPS