Fenomena 'Super New Moon' Terjadi Sebentar Lagi dan Indonesia Harus Waspada, Mengapa Begitu?

By Grace Eirin, Jumat, 17 Februari 2023 | 15:30 WIB
Fenomena "Super New Moon" akan berlangsung 20 Februari 2023. Apa dampaknya bagi Indonesia? (SevenStorm JUHASZIMRUS/pexels)

Bobo.id - Teman-teman, tahukah kamu, sebentar lagi kita akan menghadapi fenomena "Super New Moon", lo. Pernah dengar?

Sama seperti terjemahannya, Super New Moon juga dikenal dengan fase Bulan Baru. 

Dilansir dari Kompas.com, fenomena Super New Moon diperkirakan akan terjadi pada tanggal 20 Februari 2023, yang akan datang. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau masyarakat untuk waspada dalam menghadapi fenomena fase Bulan Baru ini. 

Sebab, pada kondisi tersebut, ada potensi terjadi banjir rob di beberapa wilayah pesisir Indonesia, salah satunya di Pesisir Utara DKI Jakarta. 

Banjir rob disebut juga banjir pesisir, merupakan banjir yang terjadi di daratan wilayah pesisir selama air laut pasang sangat tinggi, atau karena adanya gelombang badai

Daerah Berpotensi Banjir Rob

Melalui Press Release Informasi Potensi Banjir Pesisir (Rob), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia menyebutkan daerah-daerah yang berpotensi mengalami banjir rob, pada tanggal 14-26 Februari 2023. 

Adapun daerah-daerah yang dimaksud yaitu sebagai berikut. 

1. Sumatra

Di wilayah Pulau Sumatra, daerah pesisir yang berpotensi mengalami banjir rob antara lain pesisir Aceh, pesisir Sumatra Utara, pesisir Sumatra Barat, pesisir Kepulauan Riau, dan pesisir Bangka Belitung. 

Baca Juga: Mengapa Bulan Februari Hanya Terdiri dari 28 Hari? Ternyata Ini Alasannya