5 Tips Belajar Saat Puasa Agar Tetap Fokus dan Semangat, Wajib Dicoba!

By Fransiska Viola Gina, Jumat, 3 Maret 2023 | 17:15 WIB
Tips belajar saat puasa. (PIXABAY/Anilsharma26)

Bobo.id - Tips belajar saat puasa sangat diperlukan bagi remaja yang sudah memiliki kewajiban berpuasa, tapi juga memiliki kewajiban untuk belajar.

Yap! Tak terasa tinggal hitungan hari lagi kita memasuki Bulan Ramadan. Artinya, sebentar lagi kita akan menjalankan ibadah puasa. 

Meskipun sedang menjalankan puasa, sebagai pelajar kita tetap harus belajar di sekolah dengan konsentrasi yang tinggi. 

Sayangnya, saat puasa, kita justru menjadi bermalas-malasan. Beberapa orang bahkan mengeluhkan nilainya turun saat puasa.

Saat sedang lapar, umumnya otak memang sulit diajak bekerja sama untuk belajar. Tubuh pun akan terasa lemas dan mengantuk sepanjang hari.

Padahal untuk teman-teman yang duduk di tingkat akhir jenjang pendidikan, kita harus mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir.

Tenang saja, sebab kali ini Bobo punya beberapa tips belajar saat puasa yang bisa dilakukan. Apa saja? Simak informasi berikut ini, yuk!

Tips Belajar Saat Puasa

Tips belajar saat puasa perlu diketahui dan dilaksanakan dengan baik agar teman-teman bisa tetap mendapat nilai memuaskan.

Berikut ini Bobo punya beberapa tips sederhana yang bisa teman-teman lakukan agar tetap fokus belajar saat puasa:

1. Makan Bergizi saat Sahur

Tips pertama dari Bobo adalah makan bergizi saat sahur. Sahur menjadi waktu yang mengawali ibadah puasa sehari penuh.

Baca Juga: 6 Makanan Terbaik untuk Dimakan saat Perut Kosong dalam Waktu Lama

Selain mengisi perut dengan makanan, sahur juga berperan penting agar kita bisa tetap fokus dan berkonsentrasi saat puasa.