Kasus Obesitas Anak Terus Meningkat, Waspadai Jajanan Sekolah yang Seringkali Jadi Penyebab

By Niken Bestari, Rabu, 8 Maret 2023 | 17:30 WIB
Apa saja jajanan sekolah yang sering menjadi penyebab kita obesitas? Yuk, ketahui apa itu obesitas dan apa saja penyebabnya! (Freepik)

Bobo.id - Teman-teman harus lebih selektif atau pandai-pandai memiliki jajanan di sekolah jika ingin terhindar dari obesitas, ya!

Apa itu obesitas?

Menurut Kak Yulanda Antonius, S.Si, M.Sc, pakar Biomedik di Universitas Surabaya, berdasarkan jurnal NCBI, obesitas adalah kondisi medis yang terjadi ketika seseorang memiliki kelebihan lemak tubuh yang menyebabkan dampak buruk pada kesehatan.

Obesitas terjadi ketika energi yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman lebih besar daripada energi yang dibakar oleh tubuh saat beraktivitas dan beristirahat.

Dampak buruk obesitas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, kanker, gangguan pernapasan, dan lain sebagainya.

Tubuh kita dikatakan obesitas jika indeks massa tubuh (IMT) yang dihitung berdasarkan berat badan dan tinggi badan seseorang.

Seseorang dikatakan mengalami obesitas jika memiliki IMT 30 atau lebih.

Obesitas pada Anak

Menurut Kak Yulanda berdasarkan NCBI, obesitas tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tapi juga bisa terjadi pada anak-anak.

Bahkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mencatat bahwa jumlah anak dengan obesitas meningkat tiap tahun, lo.

Salah satu penyebab semakin meningkatnya obesitas pada anak-anak seperti kita adalah:

Baca Juga: 6 Akibat Terlalu Banyak Makan Gorengan, Bukan Cuma Obesitas Tapi Juga Bisa Rusak Otak