Dongeng Anak: Pippo dan Gato #MendongenguntukCerdas

By Sarah Nafisah, Minggu, 26 Maret 2023 | 19:00 WIB
Dongeng Anak Pippo dan Gato (@sketchify via Canva)

Bobo.id - Apakah teman-teman punya kucing peliharaan di rumah? 

Dongeng anak hari ini akan bercerita tentang Pippo dan kucing peliharaan peninggalan ayahnya bernama Gato.

Pippo hampir meninggalkan Gato di pinggir jalan karena merasa tak sanggup merawatnya. Namun, Gato menjanjikan akan menjadikan Pippo kaya raya jika merawatnya.

Bagaimana kelanjutan kisah Pippo dan Gato? Simak selengkapnya di sini!

Pippo dan Gato

Cerita oleh: Dok. Majalah Bobo

Di sebuah desa di Napoli, tinggallah dua pemuda kakak beradik bernama Oratiello dan Pippo. Suatu hari, ayah mereka yang miskin meninggal dunia. Ayah mereka mewariskan sebuah nyiru untuk Oratiello. Dan seekor kucing bernama Gato untuk Pippo. 

Oratiello yang rajin, pergi berkeliling dari desa ke desa membawa nyiru itu. Ia menawarkan bantuan pada petani gandum yang ingin menampi gandum. Ia menampi gandum dengan nyirunya agar bersih dari kulit-kulit gabah. Oratiello menampi dengan rajin. Butir-butir gandum menjadi bersih tanpa ada satu pun kulit gabah yang tertinggal.  

Para petani gandum memberi upah berupa sekantong kecil gandum untuk Oratiello. Semakin banyak gandum yang ditampi, semakin banyak upah gandum yang diterima Oratiello. Dengan upah gandum itu, Oratiello dan Pippo dapat makan bubur gandum setiap hari. 

Lama-kelamaan, Pippo menjadi bosan. Ia memutuskan untuk pergi mencari nafkah sendiri. Pippo berpamitan pada Oratiello dan pergi dengan membawa Gato, kucingnya. Tadinya, Pippo ingin membuang Gato di tengah jalan. 

“Aku tidak mungkin merawatmu, Gato. Merawat diriku sendiri saja aku tidak sanggup. Aneh juga, Ayah mewariskan kamu padaku,” gumam Pippo kesal.

Baca Juga: Dongeng Anak: Putri Kenanga dan Pangeran Jati #MendongenguntukCerdas