Terjadi Tepat Seminggu Lagi, Apa Itu Fenomena Gerhana Bulan Penumbra?

By Fransiska Viola Gina, Jumat, 28 April 2023 | 11:00 WIB
Mengenal apa itu gerhana bulan penumbra. (freepik/wirestock)

Bobo.id - Apa pun yang terbentuk di langit, baik siang hari maupun malam hari, selalu menarik siapa pun yang melihatnya. 

Sekitar seminggu yang lalu, masyarakat Indonesia beramai-ramai menikmati fenomena alam langka, yakni gerhana Matahari hibrida.

Apakah teman-teman juga sempat menyaksikan gerhana Matahari hibrida atau bahkan mengabadikannya lewat kamera ponsel?

Bagi kamu yang terlewat fenomena itu, tak perlu khawatir, sebab ada fenomena langit selanjutnya yang patut untuk ditunggu.

Fenomena itu bernama Gerhana Bulan Penumbra. Fenomena alam ini akan terjadi dan bisa diamati di Indonesia pada awal Mei 2023.

Gerhana Bulan sendiri adalah sebuah fenomena alam yang terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang Bulan tertutup bayangan Bumi.

Nah, Gerhana Bulan ini terbagi menjadi tiga jenis. Ada gerhana Bulan total, gerhana Bulan sebagian, dan gerhana Bulan penumbra.

Hmm, memangnya apa itu gerhana Bulan penumbra dan apa bedanya dengan gerhana lainnya? Simak informasi berikut ini, yuk!

Apa Itu Gerhana Bulan Penumbra?

Dilansir dari Kompas.com, gerhana Bulan penumbra adalah suatu peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh bumi ke Bulan.

Kondisi inilah yang membuat tidak semua cahaya Matahari sampai ke Bulan. Saat terjadi, posisi Bulan-Bumi-Matahari tidak persis sejajar.

Baca Juga: Mengenal Proses Terjadinya Gerhana Bulan dan Matahari Serta Jenis-jenisnya