Sering Tertukar, Apa Perbedaan Susu UHT dan Susu Pasteurisasi?

By Grace Eirin, Kamis, 11 Juli 2024 | 16:00 WIB
Cara membedakan susu UHT dan susu pasteurisasi. (pch.vector/Freepik)

Bobo.id - Banyak orang sering sulit membedakan antara susu UHT dan susu pasteurisasi. Apakah teman-teman juga tidak bisa membedakannya? 

Susu merupakan minuman menyehatkan pelengkap kebutuhan nutrisi harian tubuh. 

Susu memberikan nutrisi berupa protein, lemak, kalsium, vitamin D, vitamin B12, vitamin A, kalium, fosfor, selenium, magnesium, dan nutrisi lainnya. 

Dengan minum susu, kita dapat memperoleh manfaat pertumbuhan, perkembangan tubuh, perbaikan sel, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Ada banyak jenis susu yang saat ini mudah ditemukan di sekitar kita, mulai dari susu UHT, susu pasteurisasi, susu evaporasi, dan sebagainya. 

Beberapa waktu lalu, teman-teman sudah mengenal susu evaporasi, kali ini kita akan belajar tentang susu UHT dan susu pasteurisasi. 

Yuk, cari tahu dari artikel berikut ini!

Susu UHT

Susu UHT (Ultra-High Temperature) merupakan susu yang biasanya ditemukan di lorong dekat lemari es, berdampingan dengan makanan kaleng, di toko maupun supermarket

Seperti namanya, susu UHT telah dipanaskan hingga dua kali lipat susu pasteurisasi. 

Cara pembuatan susu UHT yaitu susu pasteurisasi dipanaskan pada suhu 140 derajat Celcius selama 3 detik, sebelum didinginkan dengan cepat, lalu dikemas. 

Baca Juga: Perlu Tahu, Pada Usia Berapa Anak Kucing Boleh Diberi Makanan?