WHO Tetapkan Wabah Mpox Jadi Keadaaan Darurat Global, Apa itu Wabah Mpox?

By Grace Eirin, Kamis, 15 Agustus 2024 | 15:30 WIB
Wabah monkeypox ditetapkan sebagai keadaan darurat global oleh WHO. (gstudioimagen1/freepik)

Bobo.id - Sedang jadi perhatian seluruh dunia, wabah Mpox (Monkeypox) ditetakan World Health Organization sebagai keadaan darurat global. 

Keputusan ini disampaikan oleh Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus melaui rilis di situs resmi WHO pada Rabu (14/8/2024). 

Bersumber dari Kompas.com, ditetapkannya wabah Mpox sebagai keadaan darurat atas saran Komite Darurat IHR, kelompok ahli yang meninjau data dari WHO dan negara terdampak. 

Menurut data tersebut, Mpox sedang meningkat dan menyebar lebih jauh ke negara-negara di Afrika dan mungkin dapat menjalar ke luar benua. 

Apakah teman-teman tahu apa itu wabah Mpox?

Yuk, cari tahu!

Wabah Monkeypox

Wabah Monkeypox tersebar dengan cepat di Kongo bagian timur, dengan laporan di negara-negara tetangganya sangat mengkhawatirkan. 

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, pox atau Monkeypox virus (cacar monyet) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, dikenal sebagai virus cacar monyet. 

Virus ini sama dengan virus yang menyebabkan cacar. 

Orang yang terkena virus mpox, akan mengalami gejala ruam dan luka pada kulit. Namun, mpox tidak berkaitan dengan cacar air. 

Baca Juga: Sistem Saraf Punya Peran untuk Hasilkan Rasa Sakit, Bagaimana Caranya?