5 Museum yang Bisa Dikunjungi Ketika Main Ke Jakarta

By Petronela Putri, Minggu, 9 April 2017 | 08:52 WIB
Jakarta (Foto: jktgo.com) (Petronela Putri)

Jakarta memiliki cukup banyak museum. Museum-museum ini bisa menjadi alternatif wisata di ibukota. Beberapa museum yang cukup sering dikunjungi, misalnya Museum Fatahillah, Museum Wayang, serta Museum Nasional. Tetapi ternyata ada museum lain yang tak kalah asyik, lo!

1. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum yang berada di daerah Menteng, Jakarta Pusat ini dibangun pada tahun 1920. Di dalamnya terdapat ruangan-ruangan yang lengkap dengan benda-benda untuk menggambarkan suasana perumusan naskah proklamasi.

2. Museum Perangko Indonesia

Didirikan oleh Ibu Tien Soeharto dan diresmikan oleh Bapak Presiden Soeharto pada tahun 1983. Museum Perangko Indonesia ini berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah. Di museum ini kamu dapat melihat berbagai jenis perangko baik dari dalam maupun luar negeri.

3. Museum layang-layang

Karena kecintaannya pada layang-layang, serta ingin terus menjaga kelestarian permainan tradisional tersebut, Ibu Endang Ernawati kemudian mendirikan Museum Layang-layang pada tahun 2003. Di dalam museum ini ada ratusan layang-layang berbagai jenis. Mulai dari yang tradisional hingga layang-layang unik yang didatangkan langsung dari luar negeri.

4. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia dibangun pada tahun 1828 dan dulunya merupakan gedung De Javasche Bank. Museum ini menggunakan teknologi multimedia modern dan diorama untuk menampilkan berbagai informasi tentang Bank Indonesia maupun berbagai koleksi sejarah lainnya; seperti mata uang pada masa sebelum kemerdekaan, mata uang kerajaan, dan sebagainya.

5. Museum Tekstil

Museum Tekstil berlokasi di Tanah Abang, Jakarta Barat, didirikan pada tahun 1975. Atas pertimbangan pemerintah kota DKI Jakarta bahwa kebutuhan untuk menyimpan informasi mengenai aneka ragam tekstil yang ada di Nusantara, akhirnya museum ini pun mulai dibangun dan beroperasi sampai sekarang.