Air Ini Bisa Diminum Dengan Botolnya Lo!

By Aisha Safira, Rabu, 12 April 2017 | 03:17 WIB
Sumber foto: geekfence.com (Aisha Safira)

Sebentar lagi kita bisa minum air sekaligus dengan botolnya, lo! Botol ini tentunya bukan terbuat dari plastik. Lalu terbuat dari apa ya?

Cara membuat kemasan Ooho

Ada cara baru untuk minum air. Saat ini, ada air yang bisa diminum sekaligus dengan botolnya. Namanya adalah Ooho. Oooho diciptakan oleh tiga orang insinyur dari London, Inggris. Mereka menciptakan Ooho sebagai alternatif dari kemasan plastik. Seperti yang kita tahu, sampah plastik sulit untuk terurai. Dengan cara ini sampah plastik di dunia akan berkurang.

Bentuk Ooho seperti bola agar-agar. Mengapa kemasannya juga bisa ikut dimakan? Rupanya kemasan air ini terbuat dari bahan-bahan organik sehingga bisa dicerna. Kemasan ini terbuat sodium alginat yang diambil dari alga coklat dan kalsium klorida. Jika dibuang pun, kemasan Ooho ini akan mudah terurai.

Kemasan Ooho dibuat dengan salah satu teknik spherification, yaitu gelification. Teknik ini digunakan untuk mengubah cairan menjadi gel dengan menambahkan bahan pembentuk gel yang bisa dimakan. Ketika dimakan, kemasan ini tidak akan ada rasanya.

Bagaimana cara meminumnya?

Cara meminumnya ada dua cara. Bisa dengan cara memasukan bola agar-agar berisi air ini langsung ke dalam mulut. Dengan begitu kemasannya akan ikut termakan juga. Bisa juga melubangi bola agar-agar ini dan meminum air di dalamnya melalui lubang tersebut. Setelah itu, kemasannya bisa dibuang.

Berbahaya tidak ya bagi tubuh kita? Kemasan ini aman kok. Para insinyur sudah mencobanya selama dua tahun dengan berbagai teknik dan bahan. Kemasan seperti ini pun lebih murah dibandingan dengan kemasan plastik. Selain itu, kemasan ini juga ramah lingkungan karena mudah terurai.

Kemasan Ooho tidak hanya bisa diisi dengan air lo. Bisa juga diisi dengan minuman bersoda bahkan juga kosmetik. Kapan ya Ohoo ini bisa sampai ke Indonesia? Tunggu saja ya!