Asal Pepaya California, Ternyata dari Bogor

By Sigit Wahyu, Rabu, 19 Juli 2017 | 06:54 WIB
Pepaya california, pohonnya pendek dan berbuah lebat. Foto: Sigit Wahyu (Sigit Wahyu)

Banyak orang menduga, Pepaya california berasal dari California, Amerika Serikat.  Ternyata, anggapan itu salah. Pepaya california adalah buah asli  Indonesia.

Sejak 2001

Pepaya california merupakan hasil rekayasa atau pemuliaan Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, seorang ilmuwan dari Pusat Kajian Buah Tropika, Institut Pertanian Bogor (IPB).

Sudah sejak tahun 2001, Prof. Sriani dan para ilmuwan IPB mengadakan penelitian di berbagai daerah untuk mengumpulkan bibit buah-buahan unggul.

Salah satu jenis buah yang dikumpulkan adalah buah pepaya. Jenis pepaya di daerah sangat banyak. Dari puluhan jenis buah pepaya unggul itu, Prof. Sriani dan para peneliti lantas mengadakan riset untuk mengembangkan jenis pepaya unggul tersebut.

Hasil riset itu menghasilkan pepaya varietas unggul, seperti pepaya arum, pepaya prima, pepaya carisya, pepaya sukma, dan pepaya callina.

Aslinya Bernama Pepaya Callina

Jenis pepaya yang kini dikenal dengan pepaya california, aslinya diberi nama pepaya callina atau diberi kode riset IPB-9. Namun, setelah buahnya dijual ke pasar, pedagang lebih suka menyebutnya pepaya california.

Dengan embel-embel “california” buah ini seolah-olah buah impor dari California sehingga mudah laku. 

Teman-teman tahu enggak, padahal bibit aslinya berasal dari kebun warga Bogor bernama Pak Okim. Dengan bibit dari kebun Pak Okim, Prof. Sriani lantas melakukan riset dan uji coba selama tujuh tahun untuk merekayasa pepaya ini menjadi bibit unggul dan diberi nama pepaya callina.

Penemuan varietas baru pepaya callina diresmikan pada 3 Oktober 2010 oleh Menteri Pertanian RI, Bapak  Dr. Suswono.

Cepat Berbuah dan Terus Berbuah