Bobo.id - Apakah hari ini teman-teman menyaksikan program Belajar dari Rumah untuk mendukung kegiatan belajar dari rumah?
Untuk teman-teman SD kelas 1 - 3, materi program Belajar dari Rumah yang ditayangkan di TVRI hari ini adalah matermatika, yaitu mengenai Pola Bilangan.
Nah, kalau kamu ketinggalan menyaksikan tayangannya, simak rangkuman dan soalnya di artikel ini, ya!
Di akhir video, ada soal yang bisa teman-teman kerjakan untuk membantu memahami materi yang diberikan.
Baca Juga: Materi Belajar dari Rumah Mengenai Cara Membedakan Kebutuhan dan Keinginan
Pola Bilangan Loncat
Bilangan loncat adalah penambahan yang sama dari bilangan sebelumnya.
Nah, ada berbagai pola bilangan loncat yang bisa kita ketahui, teman-teman. Mulai dari pola bilangan loncat 1, contohnya 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan seterusnya.
Lalu ada juga pola bilangan loncat 2, seperti 2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16, dan dilanjutkan bilangan seterusnya.
Ada juga pola bilangan loncat 3, contohnya 4, 7, 10, 13, 16, 19, 22.
Jadi setiap bilangan pada pola bilangan loncat harus ditambahkan dengan banyaknya bilangan yang diloncat.
Nah, jika misalnya ada dua orang menuliskan bilangan, yaitu Alam yang menulis bilangan 103, 99, 95, dan seterusnya, lalu ada Nata yang menulis bilangan 75, 78, 81, dan seterusnya, berapa bilangan dengan nilai sama yang pertama kali mereka tuliskan?
Dari bilangan yang ditulis Alam, kita tahu bahwa pola bilangan loncatnya adalah 4, dari 103 - 99 = 4.
Sedangkan bilangan loncat yang ditulis Nata adalah 3, diketahui dari 78 - 75 = 3.
Dari pola bilangan loncat ini, dapat diketahui kalau bilangan berikutnya yang akan ditulis Alam adalah 91, dan 87. Sedangkan Nata akan menuliskan bilangan 84 dan 87.
Jadi bilangan dengan nilai sama yang pertama kali mereka tuliskan adalah 87.
Baca Juga: Rangkuman dan Soal Dongeng Kak Aio, Materi Belajar dari Rumah di TVRI SD Kelas 1 - 3
Mengurutkan Nilai Tempat
Kalau ada bilangan bernilai 234, bisakah teman-teman mengetahui nilai tempat dari masing-masing angka?
Dari bilangan ini, diketahui nilai angkanya adalah 200 + 30 + 4 dengan posisi angka 2 sebagai ratusan, 3 sebagai puluhan, dan 4 sebagai satuan.
Melalui bilangan di atas, diketahui kalau pada bilangan tiga angka, angka paling kiri menempati nilai ratusan, angka yang di tengah menempati nilai puluhan, dan ang yang paling kanan menempati nilai satuan.
Ada dua bilangan, yaitu 235 dan 532. Meski angkanya sama, kedua bilangan ini punya susunan yang berbeda. Cari tahu berapa jumlah nilai angka 5 dari kedua bilangan itu!
Pada bilangan 235, nilai angka 5 adalah 5, sedangkan pada bilangan 532, nilai angka 5 adalah 500.
Maka kalau kedua angka 5 dijumlahkan, hasilnya adalah 500 + 5 = 505.
Baca Juga: Ternyata Inilah Berbagai Hal yang Menyebabkan Kita Cegukan, Cari Tahu Cara untuk Mengatasinya!
Mengurutkan Bilangan
Urutan bilangan berdasarkan tempatnya dapat dilakukan kalau ada nilai puluhan yang sama, kemudian dilanjutkan dengan membandingkan nilai satuan yang dimiliki oleh bilangan itu.
Contohnya, pada bilangan 23 dan 21, bilangan mana yang lebih besar? Dari kedua bilangan itu, maka bilangan yang lebih besar adalah 23, karena nilai satuannya, yaitu 3, lebih besar dari bilai satuan pada angka 21, yaitu 1.
Teman-teman bisa mengurutkan bilangan dari soal berikut ini. Beberapa anak sedang mengikuti upacara benderea. Di barisan pertama berdiri 4 orang di samping kiri Alya, dan 3 orang berdiri di samping kanannya.
Berapa banyak anak yang berada di barisan pertama?
Dari soal ini, kita tahu bahwa ada 4 orang yang berdiri di samping kiri Alya, ini artinya Alya dihitung 1 orang. Lalu ada 3 orang berdiri di sebelah kanan Alya.
Maka penyelesaiannya adalah 4 orang di sebelah kiri + 1 orang, yaitu Alya + 3 orang di sebelah kanan = 8 orang.
Soal dan Penyelesaian
1. Dina membuat urutan pola bilangan sebagai berikut: 25, 31, 37, 43. Tentukan tiga bilangan berikutnya!
Untuk menentukan tiga bilangan berikutnya, kita harus mengetahui pola bilangan loncatnya lebih dulu.
Caranya adalah dengan 25 - 31 = 6, 37 - 31 = 6. Maka diketahui pola bilangan loncatnya adalah 6.
Tiga bilangan berikutnya adalah 43 + 6 = 49, 49 + 5 = 55, dan 55 + 6 = 61.
Maka tiga bilangan berikutnya dari pola bilangan loncat di atas adalah 49, 55, dan 61.
Baca Juga: Kelebihan Air di Tubuh juga Bisa Berbahaya, Cari Tahu Apa Jadinya Kalau Tubuh Kelebihan Air
2. Tentukan nilai masing-masing angka 5 pada bilangan 555!
Nilai angka 5 pertama adalah ratusan.
Nilai angka 5 kedua adalah puluhan.
Nilai angka 5 ketiga adalah satuan.
3. Urutkan bilangan berikut ini mulai dari yang terkecil! 25, 52, 35, 53, 23, dan 32.
Urutan bilangan mulai dari yang terkecil adalah 23, 25, 32, 35, 52, dan 53.
-----
Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dunia satwa, dan komik yang kocak, langsung saja berlangganan majalah Bobo, Mombi SD, NG Kids dan Album Donal Bebek. Caranya melalui: www.gridstore.id
Atau teman-teman bisa baca versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di ebooks.gramedia.com
Penulis | : | Tyas Wening |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR