Bobo.id - Di pelajaran tematik kelas 6 SD tema 4 subtema 1 halaman 65, teman-teman akan melanjutkan pembelajaran mengetahui kubus.
Bentuk ruang bangun kubus bisa dihitung besarnya volume. Volume kubus bisa dihitung dengan mengalikan panjang, lebar, dan tingginya.
Tapi, karena semua sisinya berukuran sama, maka kalikanlah sisinya dan hasilnya adalah volume kubus.
Untuk memahami lebih lanjut, teman-teman bisa mengerjakan soal-soal berikut ini dan temukan kunci jawabannya.
Baca Juga: Kondisi Iklim dan Bentuk Muka Bumi di Indonesia, Materi Kelas 4 SD Tema 3
1. Hitunglah volume kubus pada gambar berikut.
Jawaban:
a. V = s x s x s = 3 x 3 x 3 = 27
b. V = s x s x s = 6 x 6 x 6 = 216
c. V = s x s x s = 10 x 10 x 10 = 1.000
d. V = s x s x s = 3 x 3 x 3 = 27
2. Hitunglah panjang rusuk kubus jika volume kubus adalah:
a. 64 cm3
b. 516 cm3
c. 125 cm3
Jawaban:
Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Matematika, Soal-Soal Volume Bangun Ruang Tabung
3. Dayu mempunyai tempat air yang berbentuk kubus. Jika panjang rusuk tempat air adalah 50 cm, hitunglah volume tempat air.
Jawaban:
V = s x s x s = 50 x 50 x 50 = 125.000 centimeter kubik.
4. Dina dan Siti mempunyai tempat air berbentuk kubus. Panjang rusuk tempat air Dina dan Siti adalah 30 cm dan 40 cm. Hitunglah selisih volume tempat air Dina dan Siti.
Jawaban:
Volume Dina = s x s x s = 30 x 30 x 30 = 27.000
Volume Siti = s x s x s = 40 x 40 40 = 64.000
Selisih volume = 64.000 – 27.000 = 37.000 centimeter kubik.
Baca Juga: Pengertian Warna Primer, Sekunder, dan Tersier, Materi Kelas 3 SD Tema 3
Nah, itulah jawabannya. Jawaban ini bisa menjadi pemandu bagi orang tua dalam mendampingi anak selama belajar di rumah.
(Sumber: Buku Siswa Kelas 6 SD Tema 4, Globalisasi Edisi Revisi 2018)
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
10 Contoh Pelanggaran Hak di Lingkungan Keluarga, Materi Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Source | : | kemendikbud.go.id |
Penulis | : | Thea Arnaiz |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR