Bobo.id - Teman-teman pasti pernah membaca sebuah teks atau surat dari seseorang dan perlu untuk mengetahui informasi yang ada di dalamnya.
Pada materi kelas 3 SD tema 5, teman-teman akan belajar membuat peta pemikiran dari beragam informasi pada surat untuk Dayu.
Dengan menggunakan peta pemikiran, teman-teman bisa lebih mudah mendapatkan informasi dari teks atau surat seperti yang didapat Dayu.
Jadi peta pikiran merupakan cara yang digunakan untuk menemukan informasi-informasi dalam suatu bacaan.
Teman-teman bisa membuat peta pikiran ini dalam sebuah kotak-kotak, atau menyusunnya dalam sebuah kalimat rapi.
Berikan poin-poin pada setiap peta pikiran dan juga penjelasan yang sesuai dengan teks atau bacaan.
Untuk membuat sebuah peta pikiran, teman-teman akan menggunakan sebuah metode kata tanya 5W1H.
5W1H adalah sebutan untuk enam kata tanya, yaitu what (apa), who (siapa), when (kapan), where (di mana), why (mengapa), dan how (bagaimana).
Teman-teman bisa membuat enam pertanyaan terkait teks atau bacaan dan mencoba menyusun jawaban yang sesuai.
Dengan menggunakan metode tersebut, teman-teman bisa mengumpulkan beragam informasi dengan mudah.
Berikut akan ada sebuah teks surat pribadi yang bisa menjadi media latihan teman-teman dalam membuat peta pikiran.
Simak isi surat berikut ini, yuk!
Surat untuk Dayu
Denpasar, 2 Agustus 2017
Untuk sepupuku Dayu
Halo Dayu. Bagaimana kabarmu dan keluarga di sana? Semoga semua dalam keadaan sehat.
Aku bersama teman-teman ikut membantu korban Gunung Agung. Khususnya warga di sekitar yang mulai mengungsi. Keadaan Gunung Agung di Bali mulai waspada.
Para pengungsi membutuhkan banyak bantuan. Mereka membutuhkan pakaian dan makanan. Selimut dan peralatan sekolah juga dibutuhkan.
Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 3 SD Tema 5, Bagaimana Cara Membantu Korban Bencana Alam?
Dayu, maukah kalian membantu para pengungsi?
Aku tunggu, ya, kabar selanjutnya darimu. Sampaikan salamku untuk keluargamu. Sampai jumpa.
Salam sayang dari sepupumu
Komang
Membuat Peta Pikiran
Seperti penjelasan sebelumnya, teman-teman bisa menggunakan metode pertanyaan untuk membuat peta pikiran.
Lalu jawab setiap pertanyaan sesuai surat yang diterima Dayu.
1. Peristiwa apa yang diceritakan dalam isi surat?
Sepupu Dayu bernama Komang menceritakan keadaan pengungsi yang terdampak pada kondisi Gunung Agung.
Baca Juga: Menyusun Informasi dari Teks 'Pengaruh Perubahan Cuaca', Materi Kelas 3 SD Tema 5
2. Kapan dan di mana peristiwa tersebut terjadi?
Peristiwa itu terjadi saat Komang menulis surat untuk Dayu yaitu tangga 2 Agustus 2017 di Denpasar, Bali.
3. Mengapa peristiwa itu bisa terjadi?
Peristiwa tersebut bisa terjadi karena adanya aktivitas gunung berapi yaitu Gunung Agung.
Gunung Agung dinyatakan dalam kondisi waspada atau akan segera meletus.
Kondisi itu membuat, warga di sekitar Gunung Agung harus mengungsi.
4. Bagaimana menanggulangi peristiwa itu?
Untuk menanggulangi peristiwa tersebut, Komang meminta bantuan Dayu untuk memberikan bantuan dalam berbagai bentuk.
Bantuan itu nantinya akan diberikan kepada para pengungsi.
Pengungsi akan bertahan di tempat pengungsian hingga kondisi Gunung Agung kembali aman.
5. Siapa yang mengalami peristiwa itu?
Orang yang terdampak pada peristiwa tersebut adalah warga di sekitar Gunung Agung.
Nah, itu tadi peta pikiran yang perlu dibuat untuk mendapatkan beragam informasi.
Melalui peta pikiran tersebut, teman-teman jadi mengetahui waktu peristiwa terjadi hingga orang-orang yang terlibat dalam peristiwa tersebut.
Sekarang teman-teman sudah paham cara membuat peta pikiran untuk memperoleh informasi.
Coba lakukan hal serupa pada beberapa teks yang ada di buku pelajaran atau pada teks berita di koran, ya.
Tonton video ini, yuk!
----
Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Amirul Nisa |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR