Bobo.id - Teman-teman di sekolah pasti wajib menguasai aplikasi yang menunjang pembelajaran, misalnya adalah Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint.
Nah, aplikasi semacam ini dinamakan dengan aplikasi perkantoran atau aplikasi office.
Meski dinamakan aplikasi perkantoran, aplikasi ini wajib dikuasai karena menunjang kegiatan belajar mengajar.
Aplikasi office (aplikasi perkantoran) adalah kumpulan aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan perkantoran.
Karena berupa aplikasi, fiturnya sudah tersedia dan dapat langsung digunakan oleh pengguna, tanpa harus membangunnya sendiri menggunakan bahasa pemrograman.
Jenis-Jenis Aplikasi Perkantoran
Menurut Musthofa dalam buku Informatika kelas X, secara umum, aplikasi perkantoran terbagi menjadi beberapa jenis menurut kegunaan dan fungsinya.
Tiga di antaranya yang paling banyak digunakan ialah seperti berikut.
1. Aplikasi pengolah kata (word processor).
Aplikasi ini fitur utamanya digunakan untuk membuat dan mengolah dokumen, misalnya membuat surat, menyusun laporan, dan lain-lain.
Contoh aplikasi pengolah kata ialah Microsoft Word, Open Office Word, Google Docs, dan lain-lain.
Baca Juga: Cara Mencari Kata di Word dengan Mudah, Cukup Gunakan Fitur Ini
2. Aplikasi pengolah lembar kerja (spreadsheet).
Aplikasi ini fitur utamanya digunakan untuk mengelola data yang disajikan dalam bentuk lembar kerja, yaitu tabel dua dimensi yang terdiri atas kolom dan baris.
Fitur yang tersedia dapat mempermudah perhitungan data dan mengolah data secara statistik, dan dapat menampilkannya dalam bentuk diagram.
Contoh aplikasi spreadsheet ialah Microsoft Excel, OpenOffice Spreadsheet, Google Sheet, dan lain lain.
3. Aplikasi pembuat bahan presentasi yang disebut slide.
Aplikasi ini fitur utamanya digunakan untuk memudahkan kita untuk membuat slide presentasi dengan mudah dan cepat serta menghasilkan slide yang menarik.
Slide presentasi adalah objek yang terdiri atas butir-butir penjelasan, dapat disertai gambar atau ilustrasi lainnya.
Contoh perangkat lunak pembuat presentasi ialah Microsoft Office PowerPoint, OpenOffice
Presentation, Google Slide, dan lain-lain.
Integrasi Konten Aplikasi Perkantoran
Pernahkah teman-teman melalukan copy pada suatu dokumen Word, lalu klik paste pada dokumen Excel?
Inilah salah satu bentuk integrasi konten aplikasi perkantoran, di mana kinerjanya saling terhubung, sama saat kita melakukan teknik copy-paste.
Baca Juga: Cara Membuat Tulisan Melengkung di Word dengan WordArt dan Text Box
Integrasi memungkinkan untuk mengaitkan data maupun fitur antaraplikasi sehingga data atau fitur pada satu aplikasi dapat digunakan di aplikasi yang lain.
Integrasi konten aplikasi perkantoran bertujuan untuk menggabungkan konten aplikasi lain dalam satu aplikasi.
Contoh integrasi antaraplikasi lainnya adalah, pada Microsoft Office, data dari Microsoft Excel dapat ditautkan dengan dokumen pada Microsoft Word dalam pembuatan surat.
Bisa juga data di Microsoft Excel ditautkan dengan presentasi pada PowerPoint dalam menampilkan grafik dan tabel.
Tentunya kita sering melakukan itu, bukan?
Terdapat beberapa cara untuk mengintegrasikan data, teks, gambar antar aplikasi perkantoran. Cara itu menggunakan:
a. Teknik Copy-Paste atau Cut-Paste
Fitur ini sangat sering kita pakai karena memudahkan kita dalam mengedit atau membuat dokumen dengan cara menyalin dan menempel.
Hal ini juga bisa dilakukan antaraplikasi, baik sesama aplikasi perkantoran maupun aplikasi lainnya.
b. Fitur Integrasi Konten di Aplikasi
Integrasi konten pada bagian ini dilakukan dengan menggunakan fitur integrasi yang tersedia di aplikasi.
Baca Juga: 6 Rumus Dasar Microsoft Excel untuk Mengolah Data yang Perlu Dikuasai
Kita dapat menggunakan menu pada salah satu aplikasi yang secara otomatis membuka aplikasi lainnya.
Contohnya adalah pada Microsoft Word, ketika dipilih menu Insert Chart, Microsoft Excel secara otomatis akan terbuka.
c. Teknik Object Linking dan Embedding
Pada Object Linking (untuk Microsoft Office), objek yang berasal dari aplikasi perkantoran lain dapat disisipkan ke aplikasi perkantoran yang sedang dibuat.
Perubahan pada data sumber akan mengakibatkan perubahan pada objek yang dihubungkan dengan fasilitas ini pada aplikasi lainnya.
Contohnya adalah saat kita membuat grafik di Microsoft PowerPoint, maka akan muncul Microsoft Excel sebagai tempat memasukkan dan mengedit data.
Setiap data yang kita masukkan atau edit di Microsoft Excel, maka grafik di Microsoft PowerPoint otomatis akan mengikuti perubahan data tersebut.
Adanya integrasi aplikasi perkantoran tentunya sangat memudahkah pekerjaan kita. Sebab, satu aplikasi berfokus pada satu jenis tujuan.
Dengan adanya integrasi tersebut, kita bisa bekerja lebih efisien dalam memanfaatkan fitur aplikasi perkantoran.
Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis dan integrasi konten aplikasi perkantoran sebagai materi informatika. Semoga membantu!
Sumber: Informatika Kelas X. Musthofa, dkk. 2021. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia
Baca Juga: Cara Mudah Mengubah Format Waktu dan Tanggal di Microsoft Excel
----
Kuis! |
Apa saja tiga jenis aplikasi perkantoran yang umum diketahui? |
Petunjuk: cek di halaman 1-2! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan dunia satwa? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo dan Mombi SD.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Penulis | : | Niken Bestari |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR