Bobo.id - Iklan akan dengan mudah teman-teman temukan baik di media cetak atau digital.
Sebuah iklan digunakan sebagai media pemasaran yang memiliki berbagai fungsi.
Pada materi bahasa Indonesia kali ini, kita akan belajar tentang iklan yang merupaka media pemasaran.
Untuk belajar tentang iklan, teman-teman perlu mengetahui pengertian, fungsi, hingga ciri-cirinya.
Pertama, mari kita pahami pengertian dari iklan yang merupakan media pemasaran.
Iklan adalah suatu bentuk pesan yang dibuat dan disebarkan dengan tujuan untuk promosi.
Sesuatu yang dipromosikan bisa dalam bentuk barang atau jasa.
Karena sebagai media promosi, iklan dibuat dengan menarik agar bisa dilirik oleh banyak orang.
Selain diperhatikan, sebuah iklan juga harus dibuat dengan kalimat persuasif atau ajakan.
Iklan yang dibuat bisa disebarkan melalui berbagai media seperti televisi, radio, koran, majalah, internet, dan media sosial.
Sebuah iklan harus dibuat dengan menarik dan perencanaan yang baik.
Baca Juga: 4 Jenis Iklan Elektronik Berdasarkan Isinya, Materi Kelas 5 SD Tema 9
Ada berbagai faktor yang harus dipertimbangkan untuk membuat sebuah iklan.
Dengan begitu fungsi iklan bisa berjalan semestinya. Berikut akan dijelaskan berbagai fungsi dari iklan.
Iklan memiliki beberapa fungsi yang perlu dipahami sebelum membuatnya.
Pertama, iklan dibuat dengan fungsi untuk membuat konsumen atau masyarakat mengetahui produk atau merek yang diiklankan.
Selain itu, sebuah iklan yang tepat juga bisa memberikan kesan atau citra merek menjadi lebih positif.
Fungsi kedua adalah untuk membujuk calon konsumen membeli produk yang diiklankan.
Sebuah iklan yang menarik harus bisa membuat orang banyak tertarik.
Sebuah iklan juga harus bisa mengingatkan konsumen tentang perusahaan pemilik produk.
Iklan juga bisa menjadi nilai tambah dari produk yang dipasarkan.
Hal ini terjadi karena adanya pengaruh dari persepsi konsumen atas produk yang dipasarkan.
Iklan juga menjadi fasilitas bagi perusahaan untuk melakukan proses komunikasi pemasaran.
Baca Juga: Ciri-Ciri Bahasa Iklan Elektronik dan Penjelasannya, Materi Kelas 5 SD
Setelah memahami fungsi dari iklan, berikut akan dijelaskan juga ciri-ciri dari iklan sebagai media pemasaran.
Iklan memiliki beberapa ciri khusus yang membuatnya berbeda dengan media promosi lainnya.
Sebuah iklan dibuat dengan kata yang singkat tapi efektif serta menarik.
Dengan begitu paran konsumen atau masyarakat umum tertarik dan mudah mencerna pesan.
Kemudian sebuah iklan memiliki diksi yang bersifat sugesti atau ajakan.
Ajakan yang diberikan dari sebuah iklan harus bisa memengaruhi konsumen.
Iklan juga memiliki ciri bersifat informatif karena tujuannya memberikan informasi tentang produk.
Sehingga konsumen bisa mengenal tentang produk yang diiklankan.
Nah, itu penjelasan tentang iklan sebagai media pemasaran serta ciri yang perlu diketahui teman-teman.
Baca Juga: Unsur Iklan Elektronik Radio, Televisi, dan Internet, Cari Jawaban Kelas 5 SD
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan iklan? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023
Penulis | : | Amirul Nisa |
Editor | : | Bobo.id |
KOMENTAR