Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9 subtema 3, kita akan belajar untuk mengidentifikasi sebuah iklan di media massa.
Dilansir dari Kemdikbud, iklan adalah teks yang mendorong dan membujuk khalayak agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.
Bagi seseorang yang menjalankan sebuah usaha, maka iklan adalah hal yang penting untuk kemajuan usahanya.
Dengan menggunakan iklan, maka produk berupa barang atau jasa yang dijual bisa dikenal oleh masyarakat luas.
Iklan umumnya ditampilkan di berbagai media massa. Mulai dari media cetak seperti koran dan iklan elektronik seperti internet.
Meski sama-sama mempromosikan produk, iklan di media cetak dan media elektronik tentu memiliki ciri khas yang berbeda.
Pada materi kali ini, kita akan mempelajari lebih detail tentang iklan elektronik, seperti televisi, radio, hingga internet.
Di halaman 164, kita akan melihat sebuah iklan di internet. Nah, kita diminta untuk mengamatinya dengan seksama.
Setelah mengamati, kita diminta untuk menjawab beberapa pertanyaannya. Berikut ini Bobo berikan alternatif jawabannya. Simak, yuk!
Jawaban:
Barang yang ditawarkan pada gambar iklan internet di halaman 164 adalah kain batik jumputan, teman-teman. Apa itu?
Baca Juga: Mengenal Jenis Iklan Berdasarkan Isi dan Tujuannya, Materi Bahasa Indonesia
Batik jumputan adalah salah satu jenis batik yang menggunakan teknik jumputan untuk membuat motifnya.
Batik jumputan juga disebut batik ikat celup karena membuatnya dengan mengikat dan mencelupkan ke dalam pewarna.
Jawaban:
Ada beberapa informasi yang bisa diperoleh setelah kita mengamati dengan seksama iklan di halaman 164 itu, antara lain:
- Kain batik jumputan memiliki banyak pilihan dan indah warnanya
- Batik jumputan merupakan hasil budaya bangsa
- Sebagai budaya, kita harus mencintai batik Indonesia, termasuk jumputan.
Jawaban:
Unsur yang terlihat jelas ada dalam iklan internet itu adalah tulisan yang singkat dan mudah dimengerti sebagai penjelasan dari produk.
Selain itu, iklan itu juga memiliki unsur gambar yang berupa produk atau bisa berupa orang yang menggunakan produk itu.
Unsur gambar ini bisa menambah daya tarik suatu iklan sehingga akan semakin banyak orang yang melirik iklan yang dibuat.
Baca Juga: 4 Jenis Iklan Berdasarkan Isinya, Lengkap Beserta Contoh, Materi Kelas 5 SD
Selain itu, iklan itu juga mengandung beberapa unsur lain, seperti nama produk, gambar produk, kalimat persuasif, hingga menarik perhatian.
Jawaban:
Ciri-ciri pada iklan batik jumputan itu adalah singkat, padat, menarik, komunikatif, informatif, sederhana, dan mudah dipahami.
Singkat artinya bahasa atau kalimat yang digunakan dalam iklan batik jumputan tidak panjang dan bertele-tele.
Meskipun singkat, bahasa yang digunakan juga padat. Artinya, kalimat yang tertulis mengandung arti pada iklan.
Menarik ini dapat ditunjukkan dengan kalimat 'indah warnanya banyak pilihannya'. Susunan katanya mudah dipahami.
Komunikatif artinya, iklan mampu menyampaikan pesan tentang batik jumputan dengan baik kepada khalayak luas.
Tak jauh berbeda dengan komunikatif, informatif bisa diartikan sebagai iklan yang dapat memberikan informasi yang jelas.
Sederhana bisa juga berarti bersahaja, tidak memperlihatkan kemewahan. Iklan juga tidak ditampilkan secara berlebihan.
Mudah dipahami artinya, iklan batik jumputan itu dapat dipahami dengan mudah oleh khalayak luas dari berbagai kalangan.
Nah, itulah alternatif jawaban yang bisa digunakan untuk menjawab soal dari iklan batik jumputan. Semoga bisa bermanfaat, ya.
Baca Juga: 7 Unsur yang Digunakan dalam Pembuatan Iklan Media Cetak, Materi Kelas 5 SD
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan iklan? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023
Source | : | Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR