Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9 subtema 3, kita akan belajar bersama tentang unsur-unsur iklan media cetak.
Dilansir dari Kemdikbud, iklan adalah teks yang mendorong dan membujuk khalayak agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.
Bagi seseorang yang menjalankan sebuah usaha, maka iklan adalah hal yang penting untuk meningkatkan kemajuan usahanya.
Dengan menggunakan iklan, maka produk barang atau jasa yang dijual bisa dikenal oleh masyarakat luas.
Agar iklan bisa berfungsi secara efektif, maka iklan bisa dimuat di berbagai media massa, seperti media cetak dan elektronik.
Namun, iklan di media cetak seperti koran, majalah atau brosur tentu berbeda dengan iklan elektronik seperti radio, televisi, dan internet.
Semua media yang menampilkan iklan memiliki ciri khas atau karakteristik. Salah satu ciri khasnya terletak pada unsur iklan.
Nah, kali ini Bobo akan mengajak teman-teman untuk mengetahui unsur-unsur iklan media cetak. Simak informasi berikut ini, yuk!
Dalam pembuatan iklan di media cetak, pengiklan harus memerhatikan unsur-unsur penting yang ada di dalam iklan.
Hal ini dilakukan agar iklan terlihat menarik sehingga masyarakat jadi tertarik untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan.
Unsur-unsur iklan yang harus ada dan digunakan dalam pembuatan iklan media cetak adalah sebagai berikut:
Baca Juga: Menjawab Pertanyaan dari Gambar Iklan Media Cetak, Materi Kelas 5 SD
Unsur pertama yang harus ada dalam iklan media cetak adalah nama produk. Yap, nama produk harus ditampilkan.
Dalam penulisan nama produk, sebaiknya nama produk itu ditulis dengan jelas dan dengan font yang lebih besar dari lainnya.
Hal ini bertujuan agar nama produk mudah dibaca dan diingat oleh orang yang melihat dan membaca iklan media cetak itu.
Kalau sedang melihat-lihat iklan di media cetak, maka tak jarang kita menemukan penggunaan slogan yang ikonik.
Nah, penggunaan slogan atau kata kunci pada iklan di media cetak penting digunakan agar calon konsumen mudah mengingatnya.
Slogan atau kata kunci memang harus menarik, namun jangan lupa untuk menggambarkan produk dengan baik dan jelas.
Unsur selanjutnya dalam pembuatan iklan di media cetak adalah penulisan keunggulan produk yang diiklankan.
Keunggulan produk harus dituliskan dalam iklan agar calon konsumen mengetahui mengapa mereka harus membeli produk itu.
Sebaiknya, keunggulan produk yang ditampilkan adalah keunggulan yang tidak dimiliki dan menjadi pembeda dari produk lain.
Nomor telepon atau alamat adalah unsur yang sebaiknya ada di iklan media cetak untuk memudahkan calon konsumen.
Adanya nomor telepon dan alamat penjual akan memudahkan konsumen yang ingin menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan.
Baca Juga: Macam-Macam Iklan Media Cetak, Materi Bahasa Indonesia
Dengan adanya nomor telepon dan alamat, maka konsumen tidak kesulitan untuk menghubungi atau datang ke tempat produk yang dijual.
Tahukah teman-teman? Visual atau gambar menjadi salah satu unsur pada iklan di media cetak yang harus diperhatikan.
Kita bisa menggunakan gambar yang menarik pada iklan di media cetak, misalnya iklan dari barang yang ditawarkan.
Gambar yang menarik ini akan membuat konsumen menjadi lebih tertarik untuk melihat iklan yang dimuat di media cetak.
Semakin banyak orang yang melihat iklan di media cetak, maka semakin besar pula peluang calon konsumen untuk membeli produk.
Mencantumkan harga produk atau jasa pada iklan juga menjadi unsur penting yang sebaiknya ada di iklan media cetak.
Sebab, jika harga produk atau jasa dicantumkan dalam iklan, maka konsumen jadi tahu berapa biaya yang harus disiapkan.
Selain itu, konsumen menjadi tahu apakah produk atau jasa yang ditawarkan itu sesuai dengan kemampuannya atau tidak.
Selain itu, iklan pada media cetak juga bisa menggunakan keterangan tambahan untuk memperjelas produk yang ditawarkan.
Misalnya, jika produknya adalah makanan atau minuman, maka keterangan tambahan yang bisa ditulis adalah komposisi pembuatnya.
Hal ini akan membuat pembeli semakin tertarik dan mengetahui produk yang ditawarkan. Keterangan tambahan adalah unsur opsional.
Nah, itulah unsur-unsur yang digunakan dalam pembuatan iklan di media cetak. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, ya.
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan iklan? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023
Source | : | Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,Gramedia.com |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR