Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 5, kita akan belajar tentang jaring-jaring makanan di dalam ekosistem.
Ekosistem bisa disebut sebagai komunitas organik yang terdiri dari tumbuhan, hewan, dan juga habitatnya.
Ekosistem adalah sistem ekologi yang terbentuk karena hubungan timbal balik makhluk hidup dan lingkungan.
Ada dua bagian ekosistem. Pertama ada biotik yang terdiri dari tumbuhan, hewan, dan organisme lainnya.
Sementara itu, ada juga faktor abiotik atau bagian tidak hidup yang meliputi batu, suhu, dan kelembaban.
Setiap faktor dalam ekosistem saling bergantung satu sama lain, baik secara langsung maupun tak langsung.
Hubungan saling bergantung dalam ekosistem itu bisa digambarkan dalam jaring-jaring makanan. Apa itu?
Di buku tematik halaman 105, ada pertanyaan: apakah yang dimaksud dengan jaring-jaring makanan?
Apakah teman-teman sudah menemukan jawabannya? Berikut ini Bobo akan berikan alternatifnya. Simak, yuk!
Jawaban:
Jaring-jaring makanan adalah jaringan kompleks rantai makanan yang saling berhubungan dan tumpang tindih.
Baca Juga: Hubungan Jaring-Jaring Makanan dan Keseimbangan Ekosistem, Materi Kelas 5 SD
Ia akan memetakan berbagai organisme hidup di dalam suatu ekosistem dan hubungan makan memakan.
Jaring-jaring makanan lebih bisa menggambarkan interaksi makhluk hidup yang nyata dalam suatu ekosistem.
Ini karena suatu organisme bisa makan banyak jenis mangsa atau dimakan banyak predator di tingkat berbeda.
Tak hanya itu, suatu organisme juga bisa memiliki tingkatan yang berbeda-beda dalam setiap ekosistemnya.
Di dalam jaring-jaring makanan, organisme disusun menurut urutan posisinya dalam rantai makanan (tingkat trofik).
Rumput adalah salah satu contohnya. Rumput tidak selalu dimakan belalang dalam suatu rantai makanan.
Rumput sebagai produsen ini bisa juga dimakan hewan herbivora lainnya, seperti sapi, kambing, atau kerbau.
Dengan kata lain, jaring-jaring makanan konsumen tidak selalu memakan makanan yang sama setiap saat.
Agar semakin jelas, berikut ini contoh jaring-jaring makanan yang terjadi dalam ekosistem sawah, yakni:
Setelah memahami pengertiannya, lalu apa fungsi jaring-jaring makanan di dalam sebuah ekosistem, Bo?
Baca Juga: Perbedaan Jaring-Jaring Makanan dan Piramida Makanan, Materi Kelas 5 SD
Tujuan mendasar jaring makanan adalah menggambarkan rantai makanan antar spesies dalam ekosistem.
Ini karena jaring-jaring makanan memang merupakan kumpulan beberapa rantai makanan yang dijadikan satu.
Nah, jaring-jaring makanan ini memang dapat dibangun untuk menggambarkan interaksi spesies makhluk hidup.
Jaring-jaring makanan di ekosistem memiliki fungsi untuk menggambarkan interaksi langsung antar spesies.
Dengan begitu, hubungan antar spesies bisa dibedakan mana yang termasuk spesies basal, peralihan, dan puncak.
Fungsi jaring-jaring makanan dalam sebuah ekosistem selanjutnya adalah untuk menyederhanakan pertalian antar spesies.
Dengan begitu, posisi beragam spesies yang ada di dalam ekosistem itu dapat menjadi lebih jelas.
Ini meliputi spesies apa yang berada di tingkatan bawah, spesies yang di tingkat tengah, dan di tingkat puncak.
Fungsinya yang terakhir adalah untuk mengetahui bagaimana kontrol dari atas ke bawah atau sebaliknya.
Beberapa fungsi ini tidak bisa didapatkan di rantai makanan, tapi bisa digambarkan di jaring-jaring makanan.
Nah, itulah penjelasan tentang jaring-jaring makanan dalam ekosistem. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, ya!
Baca Juga: Mengapa Semua Makhluk Hidup Membutuhkan Energi? Materi Kelas 5 SD
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan ekosistem? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Bobo.id |
KOMENTAR