Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9, kita akan belajar tentang unsur-unsur yang harus ada dalam sebuah iklan.
Menurut KBBI, iklan adalah berita pesan untuk mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang/jasa yang ditawarkan.
Iklan dijadikan sebagai media untuk memberitahukan khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual dan ditawarkan.
Biasanya, kita akan menemukan berbagai macam iklan di tempat umum. Misalnya, kita melihatnya saat di jalan.
Namun, iklan bisa juga disampaikan lewat media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, dan internet.
Iklan adalah metode yang terbukti berhasil menjangkau pembeli. Iklan menarik memberikan dampak yang besar.
Efek langsung dari iklan yakni peningkatan penjualan atau produk bisa semakin dikenal luas oleh masyarakat.
Namun, untuk memberikan dampak besar, maka iklan harus dibuat menarik dan memenuhi unsur-unsur iklan.
Dalam sebuah iklan, baik yang disampaikan lewat media cetak, audio, atau elektronik, harus memenuhi beberapa unsur.
Iklan memiliki unsur-unsur berikut:
Baca Juga: Menjawab Pertanyaan dari Iklan 'Resik Mesin Cuci', Materi Kelas 5 SD
Berikut penjelasannya:
Hal penting yang harus ada dalam iklan adalah nama produk. Alasannya, agar produk itu memiliki identitas diri.
Biasanya, nama produk harus punya keunikan dan terlihat menonjol. Tujuannya agar mudah terbaca khalayak.
Misalnya, penulisan nama produk menggunakan font yang berbeda dan dengan ukuran paling besar, teman-teman.
Penamaan produk yang diiklankan juga harus dipikirkan dan dipertimbangkan agar namanya mudah melekat.
Untuk menambah daya tarik, maka iklan sebaiknya dibubuhi dengan gambar produk yang menarik, teman-teman.
Tujuannya agar suatu iklan itu makin bisa menarik dan bisa tersampaikan ke khalayak luas dengan baik.
Oleh karena itu, saat membuat iklan produk, disarankan untuk menggunakan variasi gambar, teks, atau video.
Iklan baiknya menggunakan kalimat deskriptif. Kalimat itu harus bisa menjelaskan produk dan gambar secara jelas dan rinci.
Bahasa iklan biasanya lebih luwes dan mudah dipahami. Dengan begitu, peluang khalayak untuk membeli jadi lebih besar.
Selain itu, kalimat persuasif atau ajakan bisa digunakan untuk menarik perhatian orang yang melihat iklan itu.
Baca Juga: Apakah Ciri-Ciri yang Dimiliki oleh Bahasa Iklan? Materi Kelas 5 SD
Selain menggunakan kalimat deskriptif dan persuasif, kalimat iklan juga harus menampilkan keunggulan produk.
Keunggulan produk harus dituliskan untuk menonjolkan suatu produk yang diiklankan itu pada pembaca.
Selain itu, ini juga dilakukan agar pembaca bisa memahami kelebihan dan kegunaan dari produk yang diiklankan.
Jangan sampai lupa, harga produk juga harus dicantumkan dalam iklan produk atau jasa yang akan dijual atau ditawarkan.
Ketika ingin membeli sesuatu, calon pembeli sudah lebih dulu memperkirakan berapa uang yang bisa dikeluarkan.
Harga produk bisa memudahkan konsumen untuk menentukan apa produk ini sesuai dengan budget atau tidak.
Nomor telepon juga perlu dicantumkan dalam iklan. Pastikan nomor telepon bisa dihubungi dengan mudah, ya.
Hal ini bertujuan agar calon pembeli atau calon konsumen bisa menghubungi ketika tertarik dengan produknya.
Unsur selanjutnya yang dibutuhkan dalam sebuah iklan adalah alamat iklan yang lengkap, mencakup nama jalan.
Jadi, jika ada calon konsumen yang ingin beli barang, mereka bisa langsung datang tanpa perlu bingung cari alamat.
Nah, itulah unsur-unsur yang harus ada dalam iklan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk teman-teman, ya.
Baca Juga: Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik, Materi Kelas 5 SD
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan iklan? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023
Source | : | Kompas.com,Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Bobo.id |
KOMENTAR