Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9, kita akan belajar tentang iklan yang ditampilkan dalam media cetak.
Ketika kita membuka surat kabar atau koran dan majalah, tak jarang kita menemukan iklan di sana.
Menurut Kemdikbud, iklan adalah teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa.
Iklan juga dijadikan media untuk memberitahukan pada khalayak tentang barang atau jasa yang ditawarkan.
Umumnya, iklan disampaikan melalui berbagai media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, dan internet.
Untuk membuat iklan yang bisa menarik perhatian khalayak, maka iklan itu harus memenuhi unsur berikut:
Apabila iklan telah memenuhi unsur-unsur di atas, maka iklan bisa menjangkau khalayak yang lebih luas.
Iklan media cetak adalah iklan yang disampaikan menggunakan media cetak, seperti tabloid, koran, atau majalah.
Ciri paling menojol dari iklan media cetak adalah iklannya disesuaikan dengan kolom atau baris di media cetak.
Meski terbatas tempatnya, masih banyak orang menggunakan iklan di media cetak karena jangkauan yang luas.
Baca Juga: Jawab Soal dari Iklan 'Udara Segar Tanpa Asap Rokok', Materi Kelas 5 SD
Karena terbatas oleh tempat, hal ini membuat iklan media cetak harus memperhatikan bahasa penulisannya.
Agar dapat menarik perhatian khalayak luas, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa berikut:
Seperti sudah Bobo jelaskan sebelumnya, iklan dalam media cetak biasanya dibatasi oleh kolom dan baris.
Oleh karena itu, penggunaan kalimatnya harus lugas. Artinya, bahasanya singkat, padat, namun tetap jelas.
Kalau kalimat terlalu panjang, maka harus ada pemotongan sesuai dengan kolom dan baris yang tersedia.
Meski tidak terlalu panjang, kalimat yang digunakan harus jelas dalam memberi informasi yang lengkap.
Tujuannya agar calon pembeli bisa langsung menangkap apa yang dimaksud oleh iklan itu tanpa berlama-lama.
Ciri-ciri bahasa iklan dalam media cetak selanjutnya adalah menggunakan kalimat yang memiliki daya sugesti.
Sugesti adalah teknik yang dilakukan untuk memberikan pandangan yang bisa memengaruhi orang lain.
Dengan sugesti, iklan mampu memikat dan membuat calon pembeli memiliki pandangan tertentu pada produk.
Lewat kalimat sugesti, maka kemungkinan calon pembeli membeli barang atau jasa yang ditawarkan makin besar.
Baca Juga: Macam-Macam Iklan Berdasarkan Ruangnya, Materi Kelas 5 SD Tema 9
Artinya, jika sebuah kalimat memiliki daya sugesti tinggi, maka semakin besar pula efek iklan yang didapat.
Alat yang digunakan untuk memberikan sugesti bisa melalui suara, gambar, maupun bentuk pernyataan.
Ciri-ciri bahasa iklan dalam media cetak adalah dengan menggunakan kata konotasi positif. Apa maksudnya?
Menurut KBBI, konotasi berarti tautan pikiran yang menimbulkan rasa pada seseorang ketika ia berhadapan dengan kata.
Konotasi positif adalah konotasi yang mengandung nilai positif seperti rasa sopan dan tidak menyinggung perasaan.
Kata-kata dengan konotasi positif ini akan memberikan nuansa atau makna yang baik atau menggembirakan.
Sebelum membuat iklan dalam media cetak, kita perlu menentukan target atau orang yang dituju lewat iklan.
Karena iklan diharapkan bisa menjangkau khalayak luas, ada baiknya, bahasa yang digunakan bisa komunikatif.
Hal ini dilakukan agar orang yang membacanya bisa memahami dengan baik mengenai iklan yang ditawarkan.
Selain itu, isi iklan dalam media cetak juga harus objektif dan jujur agar pembeli tidak kecewa dengan iklan itu.
Nah, itulah ciri-ciri bahasa iklan dalam media cetak. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk teman-teman.
Baca Juga: Unsur Iklan Elektronik agar Menarik Perhatian Masyarakat, Materi Kelas 5 SD
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan iklan? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023
Source | : | Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,Gramedia.com |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR