Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9, kita akan belajar tentang unsur pada iklan televisi, radio, dan internet.
Saat menonton televisi, mendengar radio, atau mencari sesuatu di internet, pasti kita melihat adanya iklan. Apa itu?
Menurut KBBI, iklan adalah pesan untuk mendorong khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Untuk menawarkan barang atau jasanya, iklan bisa disebarkan di mana saja, seperti di media elektronik.
Iklan yang dibagikan di media elektronik, seperti di radio, televisi, dan internet itu disebut dengan iklan elektronik.
Seperti kita tahu, setiap media elektronik, seperti televisi, radio, dan internet punya karakteristik berbeda.
Hal ini membuat iklan yang disampaikan melalui tiap media elektronik itu punya karakter yang berbeda pula.
Misalnya, iklan yang disampaikan di televisi sangat berbeda dengan iklan yang ada di radio maupun di internet.
Berikut ini Bobo akan menjelaskan unsur-unsur yang ada dalam iklan televisi, iklan radio, dan iklan internet.
Secara umum, ada setidaknya empat unsur dalam iklan yang ditampilkan melalui televisi. Berikut di antaranya:
Suara
Baca Juga: Kesimpulan Informasi Penting tentang Isi Iklan Elektronik, Materi Kelas 5 SD
Suara dalam iklan televisi dapat berupa suara manusia, suara hewan/tumbuhan, musik, atau sekadar efek suara.
Gambar
Gambar dapat berupa produk yang ditawarkan atau dapat berupa orang yang menggunakan produk itu.
Gerak
Iklan televisi juga menampilkan gambar yang bergerak. Tujuannya untuk lebih menarik perhatian masyarakat.
Tulisan
Selain gambar, tulisan yang singkat dan mudah terlihat juga dibutuhkan sebagai penjelasan dari produk.
Berbeda dari iklan televisi, iklan yang disampaikan di radio hanaya terdiri dari satu unsur saja, yakni suara.
Karena hanya ada satu unsur pada iklan radio, maka iklan radio harus dibuat dengan sejelas mungkin.
Untuk membuatnya jelas, pada iklan radio bisa dibuat dialog atau narasi yang ringkas tetapi tetap jelas.
Selain itu, agar iklan radio semakin menarik khalayak, maka bisa juga ditambahkan komponen lain.
Baca Juga: Ciri-Ciri Bahasa yang Digunakan pada Iklan Elektronik, Materi Kelas 5 SD
Misalnya, pada sebuah iklan radio ditambahkan musik dan efek suara lain, misalnya efek suara alam.
Contohnya adalah menambahkan efek suara mengalir untuk menggambarkan aliran sungai atau air terjun.
Iklan elektronik yang ada di internet memiliki unsur-unsur yang hampir mirip dengan iklan televisi, yakni:
- Suara
- Gambar
- Tulisan
- Gerak
Bedanya, di internet ada iklan yang hanya memiiliki salah satu unsur saja, yakni unsur audio atau visual saja.
ini artinya, pada media elektronik internet, ada iklan yang hanya berupa suara tanpa adanya gambar.
Sebaliknya, ada juga iklan yang menampilkan gambar, video, atau tulisan tanpa adanya unsur suara.
Nah, itulah unsur-unsur pada iklan televisi, radio, dan internet. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untukmu, ya.
Baca Juga: Apakah Ciri-Ciri yang Dimiliki oleh Bahasa Iklan? Materi Kelas 5 SD
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan iklan? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023
Source | : | Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Fransiska Viola Gina |
Editor | : | Iveta Rahmalia |
KOMENTAR