Lakukan Hal Ini Jika Ingin Berkunjung ke Museum

  • Rabu, 18 Oktober 2017 13:55 WIB

Museum Fatahilah di Kota Tua Jakarta | Sumber foto: Creative Commons

Museum adalah tempat umum yang digunakan untuk menyimpan, mengoleksi, serta memamerkan benda-benda peninggalan sejarah atau karya seni. Saat berkunjung ke museum, biasanya ada beberapa aturan-aturan yang sebaiknya kita ikuti. Yuk, kita lihat apa saja aturan tersebut!

1. Jagalah Ketenangan

Orang-orang datang ke museum untuk menikmati atau mengamati karya yang dipajang di sana. Sebaiknya kita sebagai pengunjung, harus bisa menjaga ketenangan, ya. Suasana museum yang berisik akan mengganggu pengunjung lainnya.

Jika ingin menjawab telepon, aturlah volume suaramu atau berbicaralah di luar. Namun jika tidak mendesak, kamu bisa membalasnya lewat SMS atau chat saja.

2. Jangan Menghalangi Karya Seni

Mengagumi suatu karya atau pajangan di museum boleh-boleh saja. Namun jangan terlalu dekat hingga menghalangi pemandangan, ya. Karena orang lain juga ingin melihat pajangan tersebut. Aturlah jarak, agar semua orang bisa melihatnya dengan baik.

Kamu juga tidak diperkenankan untuk bolak balik berjalan di depan seseorang yang sedang menikmati pajangan atau karya seni.

3. Memperhatikan Langkah

Saat berjalan-jalan di dalam museum, pastikan kita tidak bengong atau sibuk melihat gadget. Mata kita setidaknya harus bisa memperhatikan dan waspada terhadap garis penanda atau penghalang yang ada di sana. Ini juga berguna agar kita tidak menabrak atau menginjak yang tidak seharusnya. Jangan sampai karena ketelodoranmu maka koleksi atau benda-benda di museum menjadi rusak.

4. Tidak Menyentuh Pajangan

Reporter : Hanna Vivaldi
Editor : Iveta Rahmalia

KOMENTAR

MOST READ

Cerita

Adikku Manis

4 jam yang lalu

Cerita

Kue Dadar Lapis Madu

9 jam yang lalu

Cerita

Cerita

Malam Cerita

12 jam yang lalu

Cerita

Makhluk Bulan Purnama

10 jam yang lalu

Cerita

MOST READ

Adikku Manis

4 jam yang lalu

Kena Batunya

2 hari yang lalu

Mama Berhati Emas

2 hari yang lalu

Bunga-Bunga yang Hilang

3 hari yang lalu

Pengarang Kecil yang Kecewa

2 hari yang lalu

Kue Dadar Lapis Madu

9 jam yang lalu

Lukisan Kasih Sayang

3 hari yang lalu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×