5 Menu Sahur dan Berbuka Puasa yang Aman untuk Pasien Diabetes

By Grace Eirin, Senin, 11 April 2022 | 17:30 WIB
Makanan yang aman dikonsumsi pasien diabetes. (MART PRODUCTION/pexels)

Bobo.id - Teman-teman, tahukah kamu, menurut Federasi Diabetes Internasional (IDF) Atlas tahun 2021, Indonesia memiliki penyandang diabetes terbanyak kelima di dunia.

Pada tahun 2019, sebanyak 10,7 juta penduduk terkena diabetes. Kemudian tahun 2020 kemarin, jumlah penyandang diabetes naik sebanyak 18 juta penduduk.

Menurut World Health Organization (WHO), diabetes dapat terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan insulin yang dibutuhkan oleh tubuh, dan tubuh tidak dapat menggunakan insulin karena gangguan tertentu. 

Ada dua jenis penyakit diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 merupakan penyakit autoimun, yaitu suatu kondisi ketika sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang sel tubuh yang sehat. 

Diabetes tipe 1 ini paling banyak terjadi pada balita, anak-anak, dan remaja. Faktor risiko diabetes tipe 1 ini berasal dari genetik, riwayat infeksi virus, dan pola makan kurang sehat.

Sementara diabetes tipe 2 adalah kondisi ketika kadar gula dalam darah melebihi nilai normal. 

Risiko terjadinya penyakit ini semakin meningkat ketika orang dewasa sudah berusia 45 tahun atau lebih, dan memiliki riwayat diabetes dalam keluarga.

Dengan mengetahui fakta bahwa banyak orang Indonesia yang mengidap penyakit diabetes, artinya kita perlu mengetahui beragam informasi terkait pencegahan dan cara mengatasi diabetes. 

Salah satu informasi yang penting diketahui yaitu jenis makanan apa yang aman dikonsumsi pasien diabetes untuk sahur dan berbuka puasa? Yuk, simak di sini!

Baca Juga: Jika Muncul Tanda-Tanda Darurat Ini, Kita Harus Segera Membatalkan Puasa

1. Nasi Merah

Nasi putih mengandung karbohidrat tinggi, namun juga menyimpan indeks glikemik tinggi.