Harus Dibatasi, Berapa Jumlah Maksimal Gula yang Boleh Dikonsumsi Pasien Diabetes dalam Sehari?

By Grace Eirin, Senin, 20 Juni 2022 | 16:10 WIB
Perlu dibatasi, pasien diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi tidak boleh lebih dari 4 sendok makan gula per hari. (mali maeder/pexels)

Bobo.id - Orang yang mengalami diabetes harus menjaga pola makan dan jumlah konsumsi gula setiap harinya. 

Menurut World Health Organization (WHO), diabetes dapat terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan insulin yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Ketika produksi hormon insulin terganggu, glukosa tidak dapat diserap dengan baik. Sehingga saat pasien diabetes mengonsumsi banyak gula, maka akan mengalami hiperglikemia.

Hiperglikemia yaitu kondisi ketika pasien diabetes dapat mengalami peningkatan kadar gula dalam darah hingga di atas 180–200 mg/dL.

Jadi, berapa jumlah maksimal konsumsi gula yang diperbolehkan untuk pasien diabetes? Yuk, cari tahu!

Jumlah Asupan Gula untuk Pasien Diabetes

Menurut Kemenkes RI, pada kondisi normal, seseorang hanya boleh mencapai jumlah maksimal konsumsi gula yaitu 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan per hari.

Sedangkan untuk pasien diabetes, jumlah maksimal konsumsi gula yang dianjurkan, yaitu tidak lebih dari 4 sendok makan per hari. 

Asupan gula yang dimaksud berasal dari segala macam bentuk makanan yang mengandung glukosa, seperti gula pada umumnya, makanan manis, bahkan karbohidrat. 

Baca Juga: Jangan Lagi Sepelakan, Ini 5 Gejala Diabetes yang Jarang Disadari! Salah Satunya Sering Buang Air Kecil

Lalu, bagaimana cara seorang pasien diabetes membatasi jumlah konsumsi gulanya setiap hari? 

Cara Membatasi Asupan Gula untuk Pasien Diabetes