Sejarah Kerajaan Majapahit sebagai Supremasi Kejayaan Nusantara, Materi IPS

By Fransiska Viola Gina, Kamis, 27 Oktober 2022 | 11:30 WIB
Sejarah kerajaan Majapahit sebagai supremasi kejayaan Nusantara. (freepik/tawatchai07)

Bobo.id - Pada materi Ilmu Pengetahuan Sosial Kurikulum Merdeka kelas 7 SMP, kita akan belajar tentang aktivitas masyarakat Hindu-Buddha.

Aktivitas kehidupan masyarakat pada masa Hindu-Buddha dipengaruhi oleh beberapa kerajaan, salah satunya Kerajaan Majapahit.

Tahukah teman-teman? Kerajaan Majapahit ternyata pernah menjadi kerajaan terbesar di Nusantara, lo.

Pendiri Kerajaan Majapahit adalah Raden Wijaya yang merupakan menantu dari Kertanegara, penguasa terakhir Kerajaan Singasari. 

Pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit ini beberapa kali berpindah lokasi di Jawa Timur seiring era kepemimpinan raja-raja yang pernah berkuasa. 

Ingin tahu lebih lengkap penjelasan tentang kerajaan Majapahit sebagai supremasi kejayaan Nusantara? Simak, yuk!

Sejarah Berdirinya Kerajaan Majapahit

Awal berdirinya Kerajaan Majapahit ini bermula dari Raden Wijaya yang membuka hutan di dekat Sungai Brantas, tepatnya di daerah Mojokerto sekarang. 

Terbentuklah suatu desa yang kemudian dikenal dengana nama Majapahit. Asal mula nama Majapahit berawal dari buah bernama maja. 

Buah yang rasanya pahit itu banyak terdapat di dalam hutan tempat Raden Wijaya dan pengikutnya berlindung untuk menyusun kekuatan kembali. 

Raden Wijaya mulai bergerak meminta dukungan dari berbagai pihak untuk menyerang balik Jayakatwangang dan membalaskan dendam Raja Kertanegara. 

Baca Juga: Cari Jawaban IPS, Bagaimana Kehidupan Politik yang Terjadi di Kerajaan Singasari?