Ciri-Ciri Bahasa Iklan Elektronik dan Penjelasannya, Materi Kelas 5 SD

By Fransiska Viola Gina, Selasa, 9 Mei 2023 | 09:00 WIB
Ciri-ciri bahasa iklan elektronik. (Designed by pch.vector / Freepik)

Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9 subtema 2, kita akan belajar bersama tentang bahasa iklan elektronik.

Media elektronik yang biasa digunakan, kita sering sekali melihat iklan produk atau jasa yang ditawarkan.

Iklan itu memiliki ciri khas masing-masing. Contohnya, ada yang mengiklankan produk/jasa dengan lagu.

Lagu yang terus lewat dengan nada yang mudah diingat dan lirik yang sederhana membuat kita hafal pada iklan itu.

Jenis iklan seperti ini biasanya disampaikan melalui media elektronik televisi maupun iklan pada aplikasi ponsel.

Melalui media elektronik, kreativitas para pembuat iklan akan lebih maksimal dan bisa dalam berbagai bentuk.

Kreasinya dapat berupa animasi dua dimensi maupun tiga dimensi, testimoni, dan lagu produk yang diiklankan.

Kreativitas penyampaian iklan tentu saja sangat menentukan menarik atau tidaknya sebuah iklan elektronik itu.

Sebelum membahas lebih detail tentang bahasa iklan elektronik, kita cari tahu dulu tentang apa itu iklan elektronik, yuk!

Apa Itu Iklan Elektronik?

Dengan berkembangnya zaman, media elektronik semakin marak dimiliki dan digunakan oleh masyarakat. 

Hal ini pun memicu perkembangan iklan yang awalnya menggunakan media cetak sudah mulai merambah ke media elektronik.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Iklan Elektronik? Cari Jawaban Kelas 5 SD

Secara sederhana, iklan elektronik adalah iklan yang muncul, tampil, atau terdengar di berbagai media elektronik. 

Mulai dari radio, televisi, dan internet. Meski begitu, iklan di tiga media ini memiliki karakteristiknya masing-masing. 

Promosi suatu produk atau jasa dilakukan dengan menampilkan iklan, baik berupa video, audio, maupun visual.

Iklan elektronik menggunakan kata bernada saran dan banyak menonjolkan informasi penting terkait produknya. 

Ciri-Ciri Bahasa Iklan Elektronik

Bahasa merupakan unsur penting dalam iklan elektronik supaya bisa menarik perhatian khalayak luas.

Bahasa yang digunakan dalam iklan elektronik haruslah menarik, mudah dipahami, dan bersifat persuasif (membujuk).

Penggunaan bahasa dalam iklan elektronik juga harus efektif, supaya pesannya bisa tersampaikan dengan mudah.

Pengulangan kata hingga berkali-kali juga pada lagu dalam iklan juga bisa digunakan untuk menunjukkan sasaran iklan. 

Selain itu, pengulangan kata pada lagu dalam iklan juga bisa digunakan untuk menonjolkan informasi yang dipentingkan. 

Tak hanya itu, iklan elektronik juga memiliki ciri bahasa iklan lain untuk mampu menarik perhatian khalayak, antara lain:

1. Pilihan Kata Menarik

Ciri bahasa iklan elektronik untuk bisa menarik perhatian khalayak yang pertama adalah pilihan kata yang menarik.

Baca Juga: Unsur Iklan Elektronik Radio, Televisi, dan Internet, Cari Jawaban Kelas 5 SD

Di sini, pengiklan bisa menggunakan kata-kata yang mudah diingat dengan rangkaian kata yang hampir mirip bunyinya.

Kita juga bisa menggunakan ucapan atau kata kiasan yang dibesar-besarkan pada beberapa bagian kalimat iklan.

Meski begitu, pengiklan juga harus memerhatikan supaya pilihan katanya tetap sopan, tepat, dan juga logis.

2. Memiliki Sugesti

Ciri bahasa iklan elektronik untuk bisa menarik perhatian khalayak yang kedua adalah bahasanya bersifat sugestif.

Sebagai informasi, sugesti adalah pemberian pengaruh atau pandangan dari satu pihak kepada pihak lain. 

Akibatnya, pihak yang dipengaruhi akan tergerak mengikuti pengaruh atau pandangan pada iklan itu.

Dengan begitu, tujuan iklan menjadi tercapai. Calon konsumen akan menerimanya tanpa perlu berpikir panjang. 

3. Menonjolkan Informasi

Ciri bahasa iklan elektronik untuk bisa menarik perhatian khalayak selanjutnya adalah bisa menonjolkan infromasi.

Hal ini dimaknai iklan bisa memberikan informasi kepada pembaca mengenai produk atau jasa yang ditawarkan dengan jelas.

Pemilihan kata biasanya singkat, padat, dan jelas sehingga bisa langsung dipahami oleh pembaca atau penggunanya.

4. Menunjukkan Sasaran

Ciri bahasa iklan elektronik untuk bisa menarik perhatian khalayak terakhir adalah menunjukkan sasaran. Bagaimana maksudnya?

Baca Juga: Memberikan Penilaian Terhadap Iklan Elektronik, Cari Jawaban Kelas 5 SD

Sebelum membuat iklan, pengiklan sudah harus tahu siapa yang menjadi sasaran produk atau jasa yang ditawarkan. 

Misalnya, iklan bubur bayi. Maka yang menjadi sasaran adalah ibu-ibu muda yang memiliki anak usia bayi.

Untuk itu, iklan elektronik sebaiknya menggunakan pilihan kata yang menunjukkan sasaran dengan panggilan 'Moms', misalnya.

Nah, itulah ciri-ciri bahasa iklan elektronik dan penjelasannya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk teman-teman, ya.

----

Kuis!

Apa saja yang termasuk media elektronik?

Petunjuk: cek di halaman 1!

Lihat juga video ini, yuk!

---- 

Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo. 

Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id. 

Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023