Asal Usul Buah Naga dan Manfaatnya

By Aisha Safira, Rabu, 12 April 2017 | 02:48 WIB
Nama buah naga berasal dari kata thang loy. Foto: asiaone.com (Aisha Safira)

Kamu pasti pernah makan buah naga. Dari mana sih asal nama buah naga? Dan apa saja manfaat buah ini?

Dari mana asal nama buah naga?

Buah naga berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Buah ini berasal dari jenis kaktus yang bernama Hylocereus dan Selenicereus. Lalu bagaimana buah ini bisa sampai ke Asia? Pada 1870, orang Perancis dari Guyana membawanya ke Vietnam sebagai tanaman hias. Sejak itulah, buah naga dibudayakan di negara-negara Asia Tenggara.

Orang Vietnam dan Tiongkok menganggap buah ini sebagai pembawa berkah. Jadi, buah ini selalu diletakan di atas meja altar di antara dua patung naga berwarna hijau. Warna merah dari buah ini terlihat mencolok di antara warna hijau dari kedua patung naga. Oleh sebab itulah, buah ini disebut thang loy. Dalam bahasa Inggris thang loy berarti dragon fruit. Dari sanalah nama buah naga berasal.

Manfaat buah naga

Buah naga mengandung berbagai nutrisi. Ada vitamin C, B1, B3, dan B12. Ada juga protein, serat, kabohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi. Apa saja sih manfaat buah naga untuk tubuh kita?

1. Membantu menyembuhkan asma dan batuk

Buah naga bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk. Penderita asma juga disarankan untuk memakan buah ini. Buah naga dapat meringankan gangguan pernapasan yang disebabkan oleh batuk dan asam. Jadi kalau kamu sedang batuk atau punya asma, kamu bisa makan buah ini.

2. Memperkuat tulang

Seperti yang telah disebutkan tadi, buah naga mengandung kalsium, fosfor, dan zat besi. Oleh karena itu, buah ini sangat baik untuk kesehatan tulang. Semua kandungan tadi dapat memenuhi nutrisi tulangmu dan membuatnya lebih kuat dan sehat.

3. Membantu kerja usus

Kalau kamu mengkonsumsi banyak makanan, ususmu pun akan bekerja keras untuk mencernanya. Buah naga mengandung serat. Nah, serat dapat membantu meringankan pekerjaan usus. Dengan begitu, ususmu akan tetap terjaga kesehatannya.