9 Bahasa Unik Para Chef

By Aisha Safira, Rabu, 19 April 2017 | 00:12 WIB
Ada sembilan istilah khusus yang digunakan para chef di dapur. Foto: theseasonedchef.com (Aisha Safira)

Para Bukan hanya agen rahasia di dalam film saja yang punya cara dan kode khusus untuk berkomunikasi. Ternyata para chef atau 1. Roux adalah campuran antara tepung dan lemak daging. Kalau tidak ada, lemak bisa diganti dengan mentega atau margarin. Biasanya roux digunakan sebagai bahan pengental sup atau saus.

 

2. Mirepoix adalah gabungan dari 50 persen bawang bombai, 25 persen wortel, dan 25 persen seledri. Campuran ini biasanya digunakan untuk menambah rasa dalam masakan dan dalam pembuatan kaldu.

 

3. Mise en place adalah persiapan yang dilakukan oleh juru masak sebelum mulai memasak. Istilah mise en place berasal dari bahasa Perancis yang berarti "menempatkan di tempat". Jadi, bahan-bahan yang sudah dipotong-potong dikumpulkan di satu tempat agar mudah saat akan dimasak.

 

4. Apa itu meringue? Apakah itu kue kecil manis yang biasa kita makan? Bukan. Kalau di dapur istilah meringue digunakan untuk menyebut adonan yang terbuat dari putih telur. Adonan tersebut dikocok hingga mengembang dan berbusa.

 

5. Kalau diartikan ke bahasa Indonesia, stock adalah persediaan. Tetapi bukan itu yang dimaksud. Stock yang dimaksud di sini adalah kaldu. Ada dua jenis, yaitu brown stock and clear stock. Brown stock adalah kaldu sapi sedangkan clear stock adalah kaldu ayam.

 

6. Marinate adalah proses merendam daging dalam campuran bumbu. Proses ini dilakukan agar rasa bumbu meresap ke dalam daging. Selain itu, marinate juga membuat daging menjadi lebih empuk.

 

7. Poach adalah proses merebus makanan dengan sedikit air dan suhu tertentu. Suhu air tidak boleh sampai 100 derajat Celcius. Biasanya suhu air berada di antara 71-82 derajat Celcius. Teknik ini biasa digunakan untuk merebus telur.

 

8. Dalam bahasa Perancis, sautee berarti melompat atau melempar. Di dapur sautee adalah cara memasak dengan suhu tinggi dan sedikit minyak. Kalau dalam bahasa Indonesia sautee sama dengan menumis.

 

9. Simmering adalah cara memasak dalam bahan cair atau saus dengan api kecil dalam waktu yang lama. Makanan direbus sampai air mendidih dan mengeluarkan gelembung-gelembung. Teknik ini digunakan untuk mengeluarkan ekstrak daging yang direbus.

 

Itu tadi sembilan bahasa unik yang digunakan oleh para juru masak khusus untuk di dapur. Apakah kamu bercita-cita menjadi juru masak? Mungkin bisa mempelajari istilah-istilah ini sebagai permulaan.