4 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Mentah

By Aisha Safira, Rabu, 19 April 2017 | 08:31 WIB
Ikan adalah salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat mentah. Foto: wabisabicork.com (Aisha Safira)

Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah atau tidak dimasak. Tetapi ternyata ada bahayanya juga lo mengkonsumsi makanan mentah. Sebab, makanan yang belum dimasak ini bisa saja mengandung bakteri yang berbahaya untuk tubuh. Makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi dalam keadaan mentah?

 

1. Telur mengandung Omega 3 yang tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Tetapi mengkonsumsi telur yang mentah atau setengah matang dapat menjadikannya berbahaya bagi tubuh. Telur mentah bisa saja mengandung bakteri Salmonella. Bakteri ini dapat menyebabkan demam, mual juga muntah. Jadi kalau makan telur lebih baik yang sudah dimasak sampai matang ya.

 

2. Kentang juga sebaiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah atau setengah matang. Ternyata kentang juga mengandung bakteri, bahkan banyak. Ada bakteri Salmonella, Listeria, dan Shigella E. Colli. Ketiga bakteri ini bisa mengakibatkan demam, mual, sakit kepala, diare, muntah, dan masih banyak lagi.

 

3. Sayur dan buah bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah dan tidak dikupas. Tapi ada syaratnya, yaitu buah dan sayur tersebut ditanam secara organik. Tapi sayangnya tidak semua buah dan sayur ditanam secara organik. Ada juga yang masih menggunakan pestisida. Walaupun sudah dicuci dengan air, pestisidanya belum tentu sudah hilang. Belum lagi bakteri yang ada pada sayur dan buah tersebut. Kedua hal ini dapat mengakibatkan terbentukya racun dalam tubuh. Kalau ingin makan sayur sebaiknya dicuci dan dimasak dulu. Sedangkan kalau mau makan buah jangan lupa dicuci dan dikupas ya.

 

4. Ikan

 

Ikan yang mentah biasanya terdapat dalam makanan khas Jepang, yaitu sashimi dan sushi. Orang Jepang gemar sekali makan sushi dan sashimi. Padahal Nah, sudah tahu kan bahaya mengkonsumsi makanan yang masih mentah. Makanan apapun yang masih mentah bisa mengandung bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang sudah dimasak alias matang. Dengan begitu bakteri jahat di dalamanya pasti sudah mati dan kita dapat terhindar dari berbagai penyakit yang ditimbulkannya.