Berang-berang, Macan Air yang Tidur Berpegangan Tangan

By Syanne Ayuresta, Rabu, 19 April 2017 | 08:29 WIB
Sumber Foto: Duniaq.com (Syanne Ayuresta)

Berang-berang memiliki bentuk tubuh menyerupai musang. Kakinya memiliki selaput cakar untuk membantunya berenang. Berang-berang juga memiliki kelopak mata yang transparan yang berfungsi sebagai pelindung atau kacamata saat berenang. Berang-berang biasanya memiliki ekor panjang yang berfungsi untuk keseimbangan. 

Macan air

Selalu waspada saat di darat

Berang-berang tinggal di lubang-lubang di tebing sungai. Terkadang, mereka membangun rumahnya dangan menumpuk potongan-potongan ranting kayu. Sekali-sekali, berang-berang akan naik ke darat untuk mengeringkan tubuhnya sambil mencari mangsa reptil kecil atau belalang. Saat naik ke darat, mereka sangat waspada karena sewaktu-waktu jaguar, macan tutul, dan buaya bisa menerkamnya. Saat predator datang, berang-berang dengan sigap akan terjun ke air untuk menyelamatkan diri.

Walaupun aman dari hewan pemangsa, berang-berang kerap kali diburu manusia untuk dimanfaatkan kulitnya. Syukurlah, sekarang hewan ini  sudah dilindungi.

Tidur sambil berpegangan 

Berang-berang adalah fauna yang lucu. Mereka tidur di air secara berkelompok dengan posisi terlentang dan mengapung. Supaya tidak hanyut dan terpisah dari kelompok, berang-berang saling berpegangan. Bahkan terkadang terlihat bapak berang-berang berpegangan dengan ibu berang-berang, agar keluarga mereka tidak terpisah. Romantis sekali, kan?