RoboRay, Robot yang Bisa Berenang Seperti Ikan

By Aisha Safira, Kamis, 20 April 2017 | 10:04 WIB
Robot ini adalah mata-mata bawah laut yang mirip ikan. Foto: dailymail.co.uk (Aisha Safira)

Ada robot yang bisa berenang seperti ikan lo. Robot ini bertugas menjadi mata-mata di bawah laut. Apa sih yang dimata-matai?

 Para peneliti dari Universitas Zhejiang di Tiongkok menciptakan sebuah robot. Ia diberi nama RoboRay. Robot ini bisa berenang seperti ikan. Tugasnya pun untuk menjadi mata-mata di bawah laut. RoboRay akan membantu para peneliti mendapatkan data-data untuk dipelajari. Contohnya seperti kehidupan mahkluk laut di kapal karam.

Mengenal RoboRay

RoboRay terbuat dari bahan silikon yang transparan. Mengapa? Karena RoboRay mirip dengan ikan. Ia mempunyai sirip dan buntut seperti ikan. Kalau RoboRay terlihat, bisa-bisa robot ini dikira mangsa oleh ikan yang lebih besar. Selain itu, silikon bersifat fleksibel. Dengan begitu, RoboRay dapat berenang dengan bebas tanpa merusak lingkungan di sekitarnya.

Tubuh RoboRay panjangnya sekitar 3.7 inch atau 9.3 cm. Beratnya pun hanya 3.2 ons atau sekitar 90 gram. RoboRay bisa berenang seperti ikan tapi sedikit lebih lambat. Ia bisa berenang dengan kecepatan 2.5 inch atau 6.4 cm per detik. Ikan dengan ukuran yang sama dengan RoboRay bisa berenang empat kali lebih cepat.

Bagaimana RoboRay bisa berenang?

Robot ini bisa berenang di air yang hangat juga dingin. Ia bisa berenang dalam air dengan suhu 0.4 sampai 74.2 derajat Celcius. RoboRay tidak mempunyai mesin di dalamnya. Lalu bagaimana ia bisa berenang? RoboRay berenang ditenagai oleh baterai lithium. Baterai ini bisa bertahan selama tiga jam.

Selama tiga jam itu, robot ini akan mengambil video di lingkungan tempat ia berenang. Ia digerakan dengan remote kontrol. RoboRay bisa berbelok menggunakan buntutnya. Sedangkan siripnya berfungsi untuk menggerakan RoboRay ke atas dan bawah. Kira-kira robot ini bisa menemukan spesies ikan baru tidak ya?