Serba-serbi Daun Sirih, Ada yang Menjadikannya Simbol Memuliakan Tamu

By Putri Puspita, Minggu, 2 September 2018 | 14:30 WIB
Daun Sirih (Putri Puspita)

Bobo.id – Tanaman sirih sejak dulu terkenal dengan bermanfaat untuk obat-obatan. Selain itu, ternyata daun sirih juga menjadi hal penting dalam budaya Indonesia, salah satunya menjadi undangan pernikahan.

Yuk, simak ulasannya!

Tanaman Obat

Tanaman Sirih terkenal sebagai tanaman obat yang sangat penting, bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di wilayah lain di dunia.

Di dalam daun sirih terkandung minyak esensial, yaitu fenol dan terpen yang membuat daun sirih memiliki aroma yang khas. Minyak esensial ini juga bermanfaat sebagai antiseptik yang memiliki sifat anti bakteri.

BACA JUGA:Fakta Unik Buah Lontar, Membantu Kita Melawan Bakteri di Mulut

Di dalam Asian Pacific Journal of Cancer Prevention tahun 2011, disebutkan bahwa sirih memiliki manfaat untuk mencegah bau mulut serta menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Manfaat inilah yang membuat beberapa orang tua suka mengunyah daun sirih.

Budaya Indonesia

Selain sebagai obat, tanaman sirih sangat erat kaitannya dengan budaya Indonesia. Di Bali, sirih menjadi sarana penting dalam berbagai ritual atau upacara adat dan keagamaan.

Hal ini juga dapat ditemui di Minangkabau, Sumatera Utara, hingga Sulawesi. Di Aceh, sirih digunakan sebagai simbol memulikan tamu. Sirih dipandang sebagai simbol rasa hormat dan kebersamaan.

BACA JUGA:Diramaikan Ribuan Orang, Inilah Acara Adat Hoyak Tabuik Pariaman